Mahasiswa Unimal Berbagi Ilmu Dengan Masyarakat Cara Pembuatan Instalasi Rangkaian Listrik Sederhana

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 47 Unimal Gelar Pelatihan Pembuatan Instalasi Rangkaian Listrik Sederhana Kepada Masyarakat. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (KKN PPM) Tim 1 angkatan XXVI Kelompok 47 Universitas Malikussaleh memberikan pelatihan pembuatan instalasi rangkaian listrik sederhana untuk masyarakat desa Pulo kitou kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara.

Humas KKN kelompok 47 Miftahul Jannah kepada Unimalnews, Sabtu (14/9/2019) mengatakan bagi masyarakat listrik merupakan salah satu hal yg tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, maka mahasiswa KKN kelompok 47 yang di tempat kan di desa Pulo Kitou berinisiatif untuk membuat pelatihan tentang cara merangkai instalasi aliran listrik sederhana.

"Pelatihan rangakaian listrik sederhana ini merupakan program yang di usulkan oleh Vardi Wiranata yang merupakan ketua dari kelompok 47 yang berasal dari jurusan teknik elektro. Pelatihan rangakaian listrik sederhana ini dilaksanakan setelah melakukan shalat jamaah Jumat kemarin bersama-sama di mesjid terlebih dahulu,"katanya.

Sementara ketua kelompok 47 Vardi Wiranata mengatakan pelatihan pembuatan rangkaian listrik sederhana ini mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat desa Pulo Kitou, terutama pemuda setempat yang sangat bersemangat mengikuti pelatihan tersebut.

"rogram pelatihan instalasi rangkaian listrik sederhana ini telah dinanti-nanti oleh pemuda desa sejak ia mengutarakan pendapatnya kepada pemuda kala mengobrol hangat bersama saat menghadiri pengajian rutin yang dilakukan di mesjid desa setempat,"tuturnya,

Menurut Vardi, pelatihan pembuatan rangkaian listrik sederhana tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara merangkai instalasi listrik yang sangat sederhana untuk di pasangkan di setiap rumah, di harapkan dengan adanya pelatihan ini para pemuda beserta masyarakat desa sudah tau cara untuk membuat atau setidaknya memperbaiki instalasi listrik secara sederhana di ruang lingkup yang sangat sederhana pula yaitu rumah mereka sendiri.

"Pelatihan ini di harapkan bisa menambah pengetahuan masyarakat dan pemuda desa tentang ilmu kelistrikan yg paling sederhana. Sehingga mampu mengaplikasikan ilmu tersebut untuk kehidupan sehari-hari,"imbuhnya.

Tambahnya, Geusyik Pulo kitou sendiri sangat senang karena mahasiswa KKN telah berbagi ilmu dengan memberikan pelatihan tersebut sehingga masyarakatnya  menjadi paham tentang instalasi listrik.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat desa Pulo kitou mahasiswa KKN kelompok 47 merasa bahagia karena sudah bisa berbagi ilmu yang mereka pelajari selama di bangku kuliah untuk membantu masyarakat desa Pulo kitou.

begitu juga dengan ketua pemuda Teungku Ibni bahwa menurutnya baru kali ini belajar tentang instalasi rangkaian listrik sederhana dan merasa sangat banyak mendapatkan ilmu yang baru.

"Melihat antusiasme dan semangat dari masyarakat desa Pulo kitou. kelompok 47 merasa sangat senang dan bahagia karena pengabdian untuk negeri selama satu bulan ini tidak sia-sia. Bahwa sekecil apapun ilmu yang kita dapatkan jika kita mau berbagi dan mengajarinya kepada orang lain maka akan bermanfaat besar. Semoga pelatihan rangkaian instalasi listrik sederhana menjadi awal untuk membangun desa yang lebih maju,"jelas Vardi.[tmi]


Kirim Komentar