Mahasiswa KKN 83 Soialisasi Gerakan Menabung di SMPN 1 Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Unimal kelompok 83 sedang mengajarkan siswa SMP Negeri 1 Kuta Makmur membuat celengan memanfaatkan barang bekas, Kamis (12/9/2019). FOTO : IST.

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 83 melakukan sosialisasi tentang gerakan pentingnya menabung bagi siswa/i SMP Negeri 1 Kuta Makmur pada hari Kamis (12/9).

Kegiatan sosialiasi ini disampaikan   dengan metode belajar sambil bermain agar siswa tidak bosan mendengarkannya. Pada kesempatan itu itu mahasiswa KKN mengajarkan cara membeuat celengan dengan barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Menurut Hanny Sulaiman, Humas KKN 83, pembuatan celengan dilakukan menggunakan barang-barang seperti kardus, kain perca dan toples. Siswa pun  menjadi antusias mengikuti sosialisasi dan belajar membuat celengan tersebut.

Dalam sosialiasi tersebut mahasiswa KKN menyampaikan tentang beberapa manfaat utama dalam menabung. Manfaat menabung  yang pertama, yaitu melatih mengatur keuangan mereka sendiri. Dengan kebiasaan menabung secara rutin, adik-adik mampu memperhitungkan berapa uang untuk jajan, dan berapa untuk disimpan, jelas Hanny.

Jika kita memiliki keinginan untuk membeli sesuatu, kita bisa  membeli dari hasil menyisihkan uang saku. Dengan demikian, adik-adik akan belajar menyesuaikan kapan dapat membelinya dan besar uang yang harus disisihkan setiap hari, hingga terkumpul dana yang cukup.

Manfaat menabung kedua adalah menghindarkan dari  kebiasaan membeli barang yang mubazir. Hingga dewasa nanti, mereka terbiasa hanya akan membeli barang sesuai keperluan, baik jumlah maupun jenisnya. Slogan hemat pangkal kaya, juga relevan untuk memotivasi adik-adik agar rajin menabung, ujar Hanny.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar