Mahasiswa KKN Unimal Pupuk Rasa Kebangsaan Dengan Program “Aku Anak Indonesia, Bersama Indonesia Aku Bangga"

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 76 sedang melakukan pengenalan rambu lalulintas dalam salah satu program "Aku Anak Indonesia, Bersama Indonesia Aku BAngga" di SD Negeri 7 Kuta Makmur, Jum'at (13/9). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Kuta Makmur – Rasa cinta tanah air dan nasionalisme sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang di negri ini. Rasa itu tidak serta merta muncul begitu saja, perlu juga ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar memiliki rasa bangga sebagai Anak Indonesia.

Hal itu mendorong mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 76 menggelar kegiatan dengan tema “ Aku Anak Indonesia, Bersama Indonesia Aku Bangga” di SD Negeri 7 Kuta Makmur, Jum’at (13/9).

Menurut Tutia Rahmi, salah seorang mahasiswa KKN kelompok 76 mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan tema KKN Unimal yakni “ Memperkokoh Rasa Kebangsaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Gampong”.

Dalam kegiatan ini disampaikan tentang materi yang mencakup Kepulauan Indonesia, batas-batas Negara Indonesia, nama-nama pahlawan, dan pengetahuan umum yang berkaitan dengan Ke-Indonesiaan. Penyampaian materi diselingi dengan game dan juga pemberian hadiah bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan.

Selain membahas tentang Indonesia, mahasiswa KKN juga menyampaikan materi tentang Aceh dan kebudayaannya, pengenalan rambu-rambu lalu lintas serta gerakan menabung sejak dini.

Walalupun memiliki fasilitas sekolah yang tidak lengkap, namun pengetahuan murid SDN 7 Kuta makmur tentang Indonesia cukup baik. Ini juga dibuktikan dengan mampunya mereka menyanyikan beberapa lagu wajib nasional, terang Rahmi.

Syahrizal SHI, salah seorang guru yang turut mendampingi kegiatan ini merasa sangat senang karena mahasiswa KKN mau memilih untk datang ke sekolah tersebut. Kegiatan ini sangat positif karena dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri anak didik kami serta dapat mengenal lebih luas tentang Indonesia baik dari sisi geografis maupun hal lainnya, ujar Syahrizal.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 76, Nasrianti Mhum mengatakan sangat berterimakasih mahasiswa KKN melaksanakan kegiatan tersebut dimana dapat  memperkenalkan kepada siswa  tentang lagu-lagu nasional,  pahlawan nasional dan rambu-rambu lalulintas sehingga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dan rasa nasionalitas bagi siswa sejak usia dini.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar