UPT BKP Unimal Ikuti Raker Humas dan Sosialisasi AHD Tahun 2024

SHARE:  

Humas Unimal
Sesi foto bersama acara Raker Humas dan Sosialisasi AHD Tahun 2024. Foto: Humas Diktiristek.

UNIMALNEWS | Bali - UPT Bahasa, Kehumasan dan Penerbitan (BKP) Universitas Malikussaleh hadiri Rapat Kerja (Raker) Humas Diktiristek tahun 2024 yang  berlangsung di Hotel The Trans Resort Bali, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, Rabu-Jumat (19-21/6/2024).

Kegiatan ini sebagai bentuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) di bidang kehumasan.

Agenda Reker ini juga menyampaikan sosialisasi Anugerah Humas Diktiristek (AHD) tahun 2024 yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Unimal, mengutus Teuku Kemal Fasya selaku kepala UPT BKP dan Faizul Aulia selaku staff publikasi untuk mengikuti agenda ini.

Raker Humas dan Sosialisasi AHD tahun 2024 ini dibuka langsung oleh Dirjen Diktiristek, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris , M.Sc.

Dalam sambutannya, Prof Abdul Haris menyampaikan bahwa humas memiliki tugas yang sangat penting yaitu membangun serta menjaga reputasi instansi agar instansi tersebut mendapatkan pengakuan dari publik. 

“Ini tugas penting humas. Untuk itu, reputasi dan citra positif yang sudah ada perlu dipertahankan dengan diseminasikan melalui berita-berita baik, dan sebarkan prestasi dan capaian Diktiristek. Selain itu, humas harus proaktif mengidentifikasi dan menangani isu-isu yang berdampak pada citra dan reputasi institusi," ungkap Prof Abdul Haris.

Ia juga berpesan agar para insan humas pendidikan tinggi dapat meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas kinerja. 

"Hal ini penting karena humas merupakan salah satu kanal untuk implementasi good governance melalui penyediaan dan penyebaran informasi yang dibutuhkan publik serta merespon cepat keluhan-keluhan masyarakat," terangnya.

Ia juga mengajak insan humas Diktiristek, PTN, dan LLDIKTI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kreativitas dalam menyajikan informasi yang akurat, jelas, dan informatif kepada masyarakat. 

"Humas merupakan garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan atau program pemerintah untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Setditjen Diktiristek, Yayat Hendayana MSi mewakili plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek menyampaikan bahwa Rapat Kerja Kehumasan Pendidikan Tinggi tahun ini mengusung tema kreasi, kolaborasi, dan sinergi. 

"Tema ini diharapakan dapat terjalin kolaborasi dan sinergi antar humas perguruan tinggi dan LLDIKTI dalam mengelola dan mengimplementasikan kebijakan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia," sebutnya.

Yayat juga melaporkan bahwa Raker ini sebagai upaya dalam memperkuat kapasitas humas PTN dan LLDIKTI. 

"Di ajang ini kami juga menghadirkan narasumber pakar dan praktisi di bidang kehumasan, media massa, dan media sosial yang akan berbagi ilmu tentang komunikasi proaktif, pengelolaan komunikasi krisis, hubungan dengan media, dan pengelolaan komunikasi krisis," lanjutnya.

Teuku Kemal Fasya MHum, Kepala UPT BKP Universitas Malikussaleh. Foto: Humas Diktiristek.

Baca juga: Unimal Kembali Dapatkan Gold Winner Majalah pada AHD 2023

Sementara itu, Kepala UPT BKP, Teuku Kemal Fasya MHum menerangkan bahwa Raker Diktiristek tahun ini agak berbeda dengan Reker tahun sebelumnya. 

"Agenda raker tahun ini memberikan ruang belajar dan diskusi bersama bagi para pesertanya melalui pembagian kelompok. Kami dilatih dalam meningkatkan Publik Relation, pengelolaan media sosial, pendekatan dalam pemecahan masalah, dan membangun reputasi instansi," ujarnya.

Terkait sosialisasi AHD tahun 2024, Kemal menerangkan ada tambahan sub kategori yang akan dinilai di tahun ini. 

"Ada enam sub penilaian yang akan dilakukan, yaitu siaran pers, media sosial instagram dan tik tok, laman, majalah, insan humas, dan pers mahasiswa. Di tahun ini, pers mahasiswa menjadi sub kategori yang baru yang akan dinilai oleh para dewan juri AHD 2024. Mereka akan melihat bagaimana peran mahasiswa dalam menyampaikan ide terkait transformasi pendidikan tinggi melalui artikel opini," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar