Mahasiswa KKN 25 Daur Ulang Sampah Menjadi Tong Sampah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 25 Universitas Malikussaleh daur ulang sampah menjadi Tong Sampah i Meunasah Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) kelompok 25 Universitas Malikussaleh hadirkan tong sampah hasil daur ulang limbah botol plastik di Meunasah Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Ketua kelompok, M Hafiz mengatakan bahwa pembuatan tong sampah dari botol plastik ini berangkat dari permasalahan limbah botol plastik yang sering berserakan di sekitar gampong serta kekurangan fasilitas tong sampah yang memadai.

"Setelah berkeliling di gampong, kami mengambil inisiatif untuk membuat tong sampah melalui limbah botol plastik. Alhamdulillah kami telah menyelesaikan dua tong sampah," ungkap Hafiz, Kamis (11/7/2024).

Hafiz juga menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat.

"Dengan mengubah limbah botol plastik menjadi tong sampah, kami ingin memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan mereka,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa proses pembuatan dimulai dengan mengumpulkan botol plastik bekas ukuran 1 liter, lem tembak, dan plastik sampah hitam. 

"Botol-botol tersebut dicuci, dikeringkan, lalu direkatkan membentuk dua susunan lingkaran menggunakan lem tembak. Setelah bentuk dasar selesai, 
plastik sampah hitam dipasang untuk menutupi bagian luar tong sampah, dan diakhiri dengan penambahan hiasan berupa nama kelompok yang dicat di permukaan tong sampah," jelasnya.

Sementara tu, Kaur Pemerintahan Gampong Meunasah Manyang, Faisal, menyambut baik kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini.

“Kami sangat menghargai upaya mahasiswa KKN yang telah menciptakan solusi atas masalah sampah di gampong kami. Kegiatan ini tidak hanya membantu dalam pengelolaan sampah tetapi juga berfungsi sebagai contoh yang baik bagi masyarakat tentang cara memanfaatkan limbah plastik,” pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar