Mahasiswa KKN 15 Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun Kepada Kelompok UMKM di Nga LB

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 15 Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun Kepada Kelompok UMKM di Nga LB

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 15 mengadakan pelatihan Pembuatan Sabun Serbaguna untuk kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bersama ibu-ibu penerima bantuan PKH yang ada di Gampong Nga LB, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Rabu (10/07/2024).

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 15 adalah Difa Faisal Muflih, Ibnu Alhafiz Saragih, Rauzatul Jannah, Nursalmah, Sarifah, Inka Shintya, Faiza Razika, Sofiana, Dwi Ananda, Halim Zumairi, Fathul Rezki Irada, Yanda Fahreza, dan Teuku Firja Hidayatullah.

Ketua Kelompok KKN, Difa Faisal Muflih mengatakan, kegiatan pelatihan UMKM ini guna untuk meningkatkan kreativitas yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga untuk meningkatkan ekonomi keluarga . Kegiatan pelatihan UMKM yang dilakukan adalah pembuatan Sabun Serbaguna yang dibuat dengan menggunakan bahan baku Texapon, SLS, dan Garam.

“Dengan begitu warga mendapat ilmu baru mengenai cara pembuatan sabun yang digunakan untuk mencuci piring, mengepel dan mencuci kendaraan,”  katanya.

Difa berharap dengan berlangsungnya kegiatan ini dapat membantu masyarakat terutama ibu rumah tangga untuk menjadi sumber mata pencaharian baru yang low budget.

"Penggunaan sabun cuci dalam sehari cukup banyak tetapi harga sabun cuci di pasaran semakin meningkat. Kami berharap dengan adanya pelatihan pembuatan sabun untuk masyarakat ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat," ungkapnya.

Kegiatan ini juga dilakukan dengan didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Cut Ita Zahara MPsi dan dukungan dari aparatur desa. “Diharapkan dari hasil pelatihan ini masyarakat paham dan dapat ide bisnis baru untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat selain bertani," tutup Cut Ita.[tmi]


Kirim Komentar