Mahasiswa KKN-PPM 25 Gelar Lomba Ketangkasan Anak di Gampong Manyang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 25 Gelar Lomba Ketangkasan Anak di Gampong Manyang. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 25 gelar lomba ketangkasan bagi anak-anak Gampong Manyang, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Sabtu (13/7/2024). 

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews , acara yang diadakan di Meunasah Gampong Manyang ini melibatkan 30 anak-anak usia 8-12 tahun dan mendapat dukungan penuh dari perangkat gampong serta masyarakat setempat.

Ketua kelompok, M Hafiz menjelaskan bahwa lomba ini bertujuan untuk melatih ketangkasan, daya juang, dan semangat berpartisipasi dalam kompetisi pada anak-anak. "Dengan maraknya penggunaan smartphone yang berlebihan, kegiatan ini menjadi alternatif yang menyenangkan dan menyehatkan bagi anak-anak," terangnya.

Menurutnya, anak-anak sekarang banyak yang kecanduan bermain game online atau media sosial. Dengan adanya perlombaan ini, mereka bisa lebih aktif secara fisik dan berinteraksi langsung bersama teman-teman.

Lomba ketangkasan ini, kata Hafiz terdiri dari lima cabang yaitu lari kelereng dalam sendok, estafet karet dengan sedotan, memancing paku dalam botol, estafet air, dan makan kerupuk. 

"Setiap cabang lomba memberikan tiga juara dan semua peserta yang berpartisipasi mendapatkan hadiah kecil berupa snack. Di sore hari, kami juga menyelenggarakan kuis pengetahuan umum yang meliputi penjumlahan dan pengurangan dasar, akronim, serta wawasan keislaman," jelasnya.

Faisal, selaku kaur pemerintahan Gampong Manyang mengungkapkan rasa senangnya terhadap acara ini. “Kegiatan ini adalah kegiatan positif yang bisa membantu meningkatkan semangat anak-anak dan jiwa kompetitif mereka,” ujarnya.

M Fikri Jaka Pratama selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini relevan dan penting untuk mengurangi ketergantungan anak-anak pada gadget serta meningkatkan keterampilan sosial mereka.

"Perlombaan ketangkasan ini tidak hanya memberikan hiburan dan kegembiraan bagi anak-anak, tetapi juga menanamkan nilai-nilai positif yang akan bermanfaat bagi perkembangan mereka di masa depan," tutupnya. [fzl]


Kirim Komentar