Tim PPK Ormawa SRR Unimal Adakan Pengabdian di Lhokseumawe

SHARE:  

Humas Unimal
Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Sains, Riset dan Robotika (SRR) Universitas Malikussaleh gelar pembukaan dan sosialisasi program pengabdian di Gampong Rayeuk Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Senin (15/7/2024). Foto: Ist.

UNMALNEWS | Lhokseumawe - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Sains, Riset dan Robotika (SRR) Universitas Malikussaleh gelar pembukaan dan sosialisasi program pengabdian di Gampong Rayeuk Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Senin (15/7/2024). 

Turut hadir pada kesempatan itu Pj Walikota Lhokseumawe yang diwakilkan oleh staf ahli bidang keistimewaan Aceh, SDM dan kerja sama, Mehrabsyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan, Syuib, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lhokseumawe, Dedi Irfansyah, Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (DKPPP), A Haris, Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat LPLHa, Nabhani Yustisi, LSM BYTRA, Muhadi, Camat Blang Mangat, Safriadi, Keuchik Gampong Rayeuk Kareung, Ilyas Idris dan para otoritas perangkat gampong serta masyarakat setempat.

Dari Unimal turut hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Alfian, Kepala Biro Akademik, Kerjasama, Perencanaan, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr T Nazaruddin, Koordinator PPK Ormawa, Mujiburrahman MHum dan Pembina UKM SRR, Taufiq.

Koordinator PPK Ormawa Unimal, Mujiburrahman menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk memperkenalkan seluruh program yang akan dilaksanakan kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Disini kita menentukan beberapa titik pelaksanaan program, membangun komunikasi bersama masyarakat, serta meresmikan program secara simbolik dengan pemotongan nasi tumpeng," ungkapnya. 

Ia juga mengatakan rasa syukur atas PPK Ormawa SRR tahun ini dapat dilaksanakan di Kota Lhokseumawe. 

"Yang perlu saya jelaskan adalah PPK Ormawa Unimal tidak sama dengan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam artian bahwa teman-teman mahasiswa tidak akan selalu tinggal di gampong," terangnya. 

Tambahnya, niat sebenarnya kedatangan tim PPK Ormawa Unimal adalah ingin menjadi solusi bagi gampong dalam mengatasi permasalahan banjir maupun kekeringan.

“Alhamdulillah kita patut berbangga sebab kegiatan ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, dan berdasarkan hasil seleksi panjang, maka Universitas Malikussaleh berhasil mengirimkan 2 delegasi dalam program ini,” tambah Mujib.

Acara ini dibuka oleh Mehrabsyah, staf bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Kerja sama yang mewakili Pj Walikota Lhokseumawe.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan semoga kegiatan mahasiswa ini dapat membawa keberkahan bagi Gampong Rayeuk Kareung sekaligus dapat menjadi contoh bagi gampong-gampong lainnya. 

"Untuk itu, kolaborasi dan kerja sama dengan tim pemerintahan kota akan terus kita lakukan dan kita bina melalui dinas-dinas maupun instansi terkait seperti PUPR, DLHK,BPBD dan instansi lainnya," jelasnya.

Keuchik Gampong Rayeuk Kareung, Ilyas Idris menyampaikan rasa bangga karena Gampong Rayeuk Kareueng menjadi menjadi pilihan bagi adik-adik dalam proses pengabdian. 

"Kegiatan ini akan terus kami dukung dan kami kawal kedepannya sehingga acara ini dapat terealisasikan dengan baik dan optimal,” tutupnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh perwakilan PJ Walikota Lhokseumawe sebagai tanda simbolik dibukanya kegiatan pengabdian PPK Ormawa SRR Unimal. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar