Mahasiswa KKNT 06 Unimal Edukasi Penganggulangan Banjir dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKNT 06 Unimal Edukasi Penganggulangan Banjir dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 06 gelar edukasi penganggulangan banjir dan pemeriksaan kesehatan gratis pada lansia di Gampong Meunye Mu, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (12/7/2024).

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 orang masyarakat gampong.

Ketua kelompok, Hafis Pratama Putra menjelaskan bahwa edukasi penanggulangan banjir dilakukan mengingat Gampong Meunye Mu merupakan area yang selalu menghadapi musibah banjir setiap tahunnya.

"Kami memberikan materi mengenai penyebab, pencegahan, cara mengurangi risiko banjir, dampak banjir bagi lingkungan dan kesehatan. Setelah materi disampaikan, kami juga memberikan sabun cuci piring gratis kepada masyarakat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan edukasi yang disampaikan menggunakan poster dan leftlet yang dibagikan kepada Masyarakat.

"Kami menyampaikan edukasi ini dengan menggunakan Bahasa Aceh agar masyarakat lebih mudah memahami edukasi yang diberikan," ujarnya.

"Masyarakat terlihat sangat antusias mendengarkan edukasi yang kami berikan, kami merasa sangat senang bisa berbagi ilmu kepada mereka," sebutnya.

Sementera itu, pada hari yang sama, mahasiswa juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat gampong.

Wakil ketua kelompok, Abdurahim Sirait menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan gratis ini dilakukan bersama dengan Polindes gampong.

"Kami melakukan pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan, dan pemeriksaan gula darah bagi para masyarakat. Setelah dilakukan pemeriksaan, kami memberikan edukasi mengenai hasil dari pemeriksaan mengenai hal apa yang bisa dihindari dan dijaga untuk merawat kesehatan mereka," jelasnya.

Kata Abdurahim, masyarakat terlihat antusias dan berbondong bondong datang melakukan pemeriksaan dan mendengarkan edukasi dengan baik.

"Dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan ini, kami berharap masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan mereka," tutupnya. 

Kelompok KKNT ini dibimbing oleh dr Ahmad Fauzan selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). [fzl]


Kirim Komentar