Mahasiswa KKN 13 Sosialisasi Pembuatan Salad Buah di Gampong Meunasah Tutong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 13 Sosialisasi Pembuatan Salad Buah di Gampong Meunasah Tutong

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Kelompok 13 mengadakan Sosialisasi pengenalan dan pembuatan salad buah guna meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat di Gampong Meunasah Tutong, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (21/7/2024).

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah "Sosialisasi Pengenalan dan Pembuatan Salad Buah Guna Meningkatkan UMKM Masyarakat Desa Meunasah Tutong Melalui Ibu-ibu PKK", acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan usaha salad buah sebagai alternatif sumber pendapatan bagi masyarakat setempat.

Ketua Pelaksana, Riahni Sinaga, menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan banyak dampak positif dan mempererat tali silaturahmi antara ibu-ibu PKK dengan mahasiswa KKN Unimal. "Dengan adanya sosialisasi pengenalan dan pembuatan salad buah, dapat memberikan ide untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu di Gampong Meunasah Tutong," ujarnya.

Penanggung jawab acara, Ichsan Alwi Nst menyampaikan, tahap awal kegiatan ini dimulai dengan persiapan bahan-bahan untuk membuat salad buah yang terdiri dari berbagai buah-buahan segar, yoghurt, mayones, susu kental manis, jelly, dan keju. Setelah narasumber selesai memaparkan penjelasan dan target pemasarannya, anggota KKN membagikan hasil salad buah untuk dicoba oleh ibu-ibu PKK. 

Lanjutnya, untuk memperluas jaringan pemasaran, mahasiswa juga membantu membuat situs web yang nantinya berguna untuk penjualan salad buah serta mengajarkan cara penggunaannya. Mahasiswa juga memberikan saran mengenai penggunaan akun media sosial, pembuatan konten menarik, interaksi dengan pelanggan, dan pemanfaatan fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan penjualan.

“Program ini mendapat sambutan baik dari ibu-ibu PKK Gampong Meunasah Tutong dan diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” ungkap Ichsan.

Geuchik Meunasah Tutong, Amrizal, turut memberikan apresiasi atas program ini. "Kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat menginspirasi para ibu-ibu dan masyarakat lainnya agar memiliki penghasilan sendiri yang mudah, sehat, dan dapat dinikmati setiap saat," tuturnya.[tmi]


Kirim Komentar