Mahasiswa KKN-T 04 Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Tuberkulosis Paru

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-T 04 Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Tuberkulosis Paru

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 04 Universitas Malikussaleh bekerja sama dengan kader Posyandu selenggarakan kegiatan Gerakan Anti TB (GANTI) yang berupa pemeriksaan kesehatan dan edukasi tuberkulosis paru bagi para Lansia di Gampong Abeuk Leupon, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Selasa (16/7/2024).

Acara ini diikuti sebanyak 35 lansia untuk mendapatkan layanan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, pengukuran berat badan, dan pengukuran lingkar pinggang.

Koordinator acara, Kania Wiratanaya menjelaskan kegiatan pemeriksaan ini dilakukan secara gratis dan berlangsung selama sehari.

"Alhamdulillah kami dapat melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk para lansia di Gampong Abeuk Leupon. Adapun pemeriksaan yang kami lakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, pengukuran berat badan, dan pengukuran lingkar pinggang” ungkapnya.

Dr.dr.Cut Khairunnisa M.Kes selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), juga turut serta dalam melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga desa, terutama para lansia yang membutuhkan pemeriksaan rutin," terangnya.

Ketua kelompok, Luqman Abdillah Jundana menjelaskan bahwa edukasi terkait penyakit Tuberkulosis Paru dilakukan mengingat di Gampong Abeuk Leupon pernah ada penderita Tuberkulosis Paru.

Ia menjelaskan bahwa edukasi ini bertujuan memberikan informasi tentang mitos dan fakta, epidemiologi, definisi, penyebab, cara penularan, faktor resiko, gejala, cara pencegahan, pengobatan dan rujukan, serta komplikasi dari penyakit Tuberkulosis Paru.

"Kami menyampaikan edukasi ini dengan menggunakan Bahasa Aceh agar lansia di Gampong Abeuk Leupon lebih mudah memahaminya," ujarnya.

"Selama kegiatan berlangsung, masyarakat lansia sangat antusias dalam mendengarkan dan bertanya mengenai penyakit Tuberkulosis Paru, Kami sangat senang bisa berbagi ilmu dengan mereka” terangnya.

Geuchik Gampong Abeuk Leupon, Sulaiman, mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unimal ini sangat bermanfaat.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dapat meningkat," tutupnya.[tmi]

 


Kirim Komentar