Mahasiswa KKNT 06 Unimal Hadirkan Tong Sampah di Meunye MU 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKNT 06 Unimal Hadirkan Tong Sampah di Meunye MU. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 6 Universitas Malikussaleh hadirkan tong sampah dari limbah drum oli bekas di Gampong Meunye MU, Kecamatan Matang Ubi, Aceh Utara, Sabtu (27/7/2024).

Ketua kelompok, Hafis Pratama Putra mengatakan pembuatan tong sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan memanfaatkan limbah untuk keperluan yang bermanfaat. 

"Pembuatan tong sampah ini melibatkan pemanfaatan limbah drum oli yang diubah menjadi tempat pembuangan sampah," ungkapnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa mereka berkerja sama dengan pemuda setema untuk memasang tong sampah di beberapa titik strategis di Gampong Meunye MU yaitu di balai pengajian, di meunasah dan di lapangan Voli. 

"Setiap lokasi dilengkapi dengan dua tong sampah berwarna hijau dan kuning, dimana tong sampah hijau untuk sampah kering dan tong sampah kuning untuk sampah basah," jelasnya.

“Dengan adanya tong sampah masyarakat dapat lebih paham membuang sampah berdasarkan jenis sampah serta masyarakat juga dapat mencotoh untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat,” lanjut Hafis. 

Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang berguna dan membantu menjaga kebersihan desa,” ujar Dira Safani Mahasiswa KKN T06. 

Ketua kelompok KKN Hafis Pratama Putra mengungkapkan rasa senangnya terhadap kegiatan ini. 

Ketua tuha peut Gampong Meunye MU, Mustafa menyambut baik inisiatif ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang. 

“Ini adalah langkah positif yang sangat bermanfaat bagi desa kami. Dengan adanya tong sampah di beberapa tempat diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya,” tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar