Dosen FKIP Unimal Ubah Minyak Jelantah Jadi Sabun Cuci

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen FKIP Unimal Ubah Minyak Jelantah Jadi Sabun Cuci. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh adakan pengabdian tentang pemanfaatan minyak jelantah menjadi sabun cuci piring di Gampong Reuleut Timu, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Selasa (30/7/2024).

Para dosen FKIP yang terdiri dari Rani Ardesi Pratiwi, Wulanda dan Yulia Zahara serta dibantu oleh dua orang mahasiswa FKIP.

Rani Ardesi menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya  preventif mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembuangan minyak jelantah secara sembarangan. 

"Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri oleh 25 orang ibu-ibu Gampong Reuleut Timu, mereka antusias mengikuti kegiatan pengolahan limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci," ungkapnya.

Secara spesifik, tambah Rani, kegiatan pengabdian ini bertujuan mengajarkan ibu-ibu Gampong Reuleut Timu yang notabene para pedagang untuk dapat memanfaatkan minyak jelantah menjadi produk berdayaguna seperti sabun cuci. 

"Ada dua tahapan yang dilaksanakan dalam kegiatan ini, yang dimuulai dari penjerniham minyak jelantah dan dilanjutkan dengan proses pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah yang telah dijernihkan tersebut," ujarnya.

Salah satu peserta, Kartini menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi ibu -ibu karena hampir setiap hari ibu-ibu Gampong Reuleut Timu menghasilkan minyak jelantah, baik sebagai ibu rumah tangga maupun pedagang. 

"Harapan terbesar ibu-ibu Gampong Reuleut Timu adalah sabun yang telah dihasilkan tidak hanya bisa dimanfaatkan secara pribadi tetapi juga dapat dijual sebagai bentuk ekonomi kreatif bagi masyarakat nantinya," tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar