Mahasiswa KKNT 05 Sosialisasi Mitigasi Bencana di Blang MU

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKNT 05 Sosialisasi Mitigasi Bencana di Blang MU. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  Tematik (KKNT) kelompok 05 Univeritas Malikussaleh sosialisasi mitigasi bencana banjir dan edukasi bantuan hidup dasar serta pengenalan kode QR tanggap bencana di Gampong Blang MU, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Senin (29/7/2024).

Muhammad Asyraaful Arsyad, salah satu anggota kelompok menyampaikan bahwa Gampong Blang Matang Ubi menjadi salah satu gampong ddi Lhoksukon yang sering terkena banjir.

"Karena daerah gampong ini berada diantara tanggul dan sungai. Saat musim hujan tiba, Gampong Blang MU terendam oleh air hujan yang meluap dari sungai maupun tanggul," terangnya.
 
Mengingat hal tersebut, kata Arsyad, kami berinisiatif memberikan sosialisasi mitigasi serta edukasi terkait dengan kebencanaan terkhususnya pada bencana banjir. 

"Edukasi serta mitigasi tersebut membahas banyak hal diantaranya pengertian banjir, penyebab banjir dan penyakit-penyakit pascabanjir," sebutnya.
 
Lanjutnya, selain mitigasi kebencanaan, kami juga melakukan edukasi terkait bantuan hidup dasar yaitu teknik dalam melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP). 

"Untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi terkait banjir, kami membentuk tim satgas online yang dapat diakses melalui kode QR yang telah disediakan," ujarnya.
 
Kegiatan edukasi mitigasi kebencanaan dan pengenalan kode QR ini dihadiri oleh 30 masyarakat yang ada di Gampong Blang MU.
 
Fina, salah satu peserta yang hadir pada kegiatan ini mengatakan bahwa pembuatan kode QR tanggap bencana ini sangat inovatif dan mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi pada pihak yang dapat dihubungi saat bencana datang.

"Kegiatan yang dilakukan ini sangat memberikan pengetahuan baru bagi kami,” jelasnya.
 
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ahmad Fauzan menyebutkan bahwa sosialisasi tentang bencana ini dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat sehingga mereka dapat mengingatnya Ketika menghadapi banjir.

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan untuk kedepannya oleh masyarakat," tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar