Kunjungi SMAN 1 Dewantara, Dosen Unimal Kenalkan Strategi Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris yang Efektif

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal melaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui vocabulaty buillding yang efektif di SMAN 1 Dewantara, Aceh Utara pada Sabtu (21/9/2024). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Sejumlah dosen Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melaksanakan kunjungan ke SMA Negeri 1 Dewantara Aceh Utara dalam rangka melaksanakan sosialisasi pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan bagi siswa di sekolah tersebut. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (21/09/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang siswa dari kelas X, XI, dan XII. Dengan tema ”Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui kegiatan Vocabulary Building yang Efektif dan Menyenangkan”, para siswa belajar strategi pemerolehan kosakata Bahasa Inggris melalui kegiatan yang menyenangkan dengan menggunakan media yang dekat dengan kehidupan siswa terutama menggunakan gawai. Pantauan Unimalnews, kegiatan berjalan dengan lancar dan para siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

“Salah satu kendala yang selama ini dihadapi siswa dalam belajar Bahasa Inggris adalah masih kurangnya kosakata sehingga sulit dalam berkomunikasi baik lisan atau tulisan, sehingga diperlukan strategi yang tepat dalam belajar kosakata agar hasilnya bisa maksimal,”terang Kurniawati, dosen Bahasa Inggris Unimal selaku ketua tim PkM kepada Unimalnews.

Lanjutnya, di era digital saat ini, para siswa bisa belajar kosakata Bahasa Inggris dengan mudah melalui penggunaan teknologi seperti dari smartphone. Dalam kegiatan ini, siswa diperkenalkan belajar kosakata melalui konteks. Misalnya mencari arti kata dari takarir postingan media sosial seperti Instagram dan Tiktok, mencari arti kata dari subtitle film dan talkshow, dan dari lirik lagu serta bacaan singkat tentang tema yang disukai siswa. Dengan belajar dari sumberdaya yang dekat dengan kehidupan mereka, pembelajaran akan menjadi lebih  bermakna (meaningful).

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dewantara Bidang Humas, Lilis Suryani mengapresiasi kedatangan tim PkM dari Unimal ke SMA Negeri 1 Dewantara.

“Kami berterima kasih atas kegiatan yang telah dijalankan bersama dengan siswa-siswa kami. Semoga kegiatan ini bisa semakin meningkatkan motivasi siswa di sekolah kami dalam belajar Bahasa Inggris,”ucap Lilis.

Selain Kurniawati, dosen lainnya yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Desvina Yulisda dan Dedi Fariadi dari Fakultas Teknik,  Dini Rizki dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Hanif dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sedangkan mahasiswa yang ikut menyukseskan kegiatan PkM ini adalah Raisya Kamila dan Chatrine Aulia Rahmah, mahasiswa Fakultas Teknik yang dalam kesempatan ini ikut berbagi pengalaman mereka dalam belajar Bahasa Inggris sehingga mereka menjadi successful English learner. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar