Kelompok 54 KKN Unimal Olah Daun Pepaya Jadi Pestisida

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 54 sedang melakukan proses pembuatan pestisida dari daun pepaya, Senin (23/9). FOTO : IST

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Hama adalah organisme pengganggu tanaman yang menimbulkan kerusakan secara fisik, yang menyebabkan kerugian dalam pertanian. Setiap petani tidak ada yang menginginkan tanamannya terkena hama.

Gampong Saramaba yang merupakan lokasi KKN Mahasiswa Universitas Malikussaleh kelompok 54 merupakan gampong yang warganya dominan memiliki pekerjaan sebagai petani.

Melihat banyaknya warga yang pekerjaanya sebagai petani, muncul ide dari salah seorang anggota kelompok 54  bernama Nurul Indriani yang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian untuk membuat pestisida dari extrak daun papaya. Menurut Nurul pestisida adalah salah satu cara ampuh untuk membasmi hama tanaman seperti ulat dan serangga.

Pembuatan pestisida itu dilaksanakan pada Senin (23/9) di halaman kantor keuchik. Pembuatan  pestisida ini cukup mudah dan bisa diterapkan oleh para petani nantinya, karena yang dibutuhkan hanyalah air,  daun pepaya hijau yang telah dipotong potong dan deterjen. Kemudian campurkan semua bahan dalam satu wadah lalu aduk hingga merata setelah itu diamkan selama semalaman.

Khalil selaku humas KKN 54 berharap dengan adanya pembuatan pestisida ini bisa membantu petani untuk mengatasi masalah hama pada tanaman yang diusahakan.[ryn]


Kirim Komentar