Magang Mahasiswa Universitas Malikussaleh di Medcom Periode Pertama Selesai

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya (tengah) bersama enam orang mahasiswa magang di Medcom.id. Foto: Teuku kemal Fasya

UNIMALNEWS | Jakarta - Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Universitas Malikussaleh di PT Citra Multimedia Indonesia yang dimulai pada 17 September 2019 berakhir pada Selasa, 17 Maret 2020.  

Enam mahasiswa yang mengikuti magang yang diistilahkan dengan I-Generation Apprentice Program tersebut akhirnya resmi dilepas oleh Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Usman Kansong, di kantor Media Indonesia, Jalan Pilar Mas Raya Kav A-D, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta. Turut hadir dari Unimal pada saat pelepasan Kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal, Teuku Kemal Fasya.

Adapun keenam mahasiswa yang mengikuti magang tersebut ialah Dwi Anggraeni, Elvira Siti Humaira, Aprillia Annisa, Nurul Nashima, Arif Darmansyah, dan Fahrul Rozi Siregar. Keenam mahasiswa tersebut akan melaksanakan pekerjaan terakhir pada 17 Maret 2020 dan akan kembali ke Aceh pada 19 Maret 2020.

Pada pertemuan tersebut Usman Kansong meminta maaf pada situasi pelepasan mahasiswa magang tersebut, karena situasi kantor PT Citra Multimedia Indonesia yang menaungi bisnis Media Indonesia, Metro TV, dan Medcom.id menjadi lengang. “Mereka sebagian besar bekerja dari rumah, apalagi di era revolusi 4.0, pekerjaan seperti di dunia media bisa dilakukan di mana saja”, ungkap Usman.

Di lingkungan kantor Media Indonesia sendiri telah diberlakukan protokol untuk menjaga jarak antar person, termasuk juga melakukan pemeriksaan setiap yang masuk kantor dengan thermo gun. Usman juga mengatakan kebijakan ini harus dilakukan agar sinergis dengan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan penyakit yang berasal dari virus corona tersebut. “Kami agak keras memberlakukan kebijakan ini, agar menyelamatkan dunia kerja di media yang sangat rentan penularan karena pertemuan dengan orang-orang yang bergerak”, lanjut Usman.

Terakhir tim magang Unimal  juga melakukan pamit kepada “induk” mereka, Medcom Id. Turut hadir pada saat pelepasan tersebut ialah Pemimpin Redaksi Medcom.id Budiyanto, Head of News Indra Maulana, dan Sales and Partnership Manager Kelik Supriharjo. Pihak Medcom sendiri menyatakan sangat ingin melanjutkan kerja sama magang ini, termasuk juga pelatihan kehumasan dan jurnalistik, pemanfaatan pakar Unimal sebagai narasumber berita, dan kolaborasi riset dan survei, tapi pilihan tersebut harus ditunda sementara karena kasus Covid-19. “Kami sebenarnya sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa magang, apalagi dari Aceh yang terkenal gigih. Mereka sudah menjadi tulang punggung kerja kami, tapi juga harus kembali dan menyelesaikan studi. Semoga kerja sama lanjutan bisa kita lakukan segera”, harap Indra.

Acara pelepasan akhirnya ditutup dengan saling memberikan suvenir. Dari pihak Unimal menghadiahkan buku Demokrasi Pasai : Kronika Pengawasan Pemilu di Aceh Utara (2019), Demi Tegaknya Demokrasi Elektoral : Potret Pengawasan Pemilu Serentak di Kota Lhokseumawe (2019), dan Demokrasi Tanoh Gayo : Kaleidoskop Pengawasan Pemilu 2019 di Kabupaten Aceh Tengah (2019). Adapun pihak Medcom.id memberikan suvenir khas perusahaan.[ryn]


Kirim Komentar