Pendaftaran Beasiswa Cendekia Baznas Dibuka, Ini Persyaratannya

SHARE:  

Humas Unimal

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) Batch II tahun 2020. Pendaftaran beasiswa yang  ditujukan bagi  mahasiswa golongan mustahik  ini sudah dibuka pada tanggal 23 April 2020 pukul 15.00  dan akan ditutup pada tanggal 8 Mei 2020. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui tautan bit.ly/daftarBCBIndonesia2020 (baznaz.go.id).

Berdasarkan informasi yang dikutip Unimalnews dari laman resmi Lembaga Beasiswa Baznas, BCB dibuka untuk tiga kategori beasiswa yaitu BCB Studentpreneur Muda, BCB Aktivis Muda, dan BCB Teladan Muda.  Adapun beasiswa yang diberikan mencakup bantuan UKT/SPP maksimal  sebesar empat  juta rupiah per semester, bantuan uang saku sebesar 400 ribu Rupiah per bulan, dan program pembinaan bersama mentor di daerah dan  Lembaga Beasiswa Baznas.  Beasiswa akan diberikan maksimal selama empat semester atau hingga  semester delapan.

Persyaratan umum untuk mendaftar adalah mahasiswa aktif dan merupakan mahasiswa semester empat pada 82 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (minimal terakreditasi B) yang bermitra  dengan Lembaga Beasiswa Baznas.  Persyaratan lainnya adalah  melampirkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu yang ditandatangani oleh pengurus masjid setempat,  dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3,00. Pendaftar juga harus mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat dan bersedia mengikuti  seluruh rangkaian seleksi, serta apabila terpilih bersedia  mengikuti semua rangkaian program pembinaan beasiswa hingga program beasiswa selesai.

Persyaratan khusus untuk semua kategori beasiswa yang diberikan adalah berasal dari semua jurusan yang minimal terakreditasi B, kecuali untuk kategori BCB Teladan Muda yang menerima pendaftar hanya dari bidang ilmu zakat, psikologi, komputer, komunikasi dan semua jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Syarat khusus lainnya untuk pelamar BCB  Teladan Muda adalah pernah mengikuti suatu kompetisi di kampus minimal satu kali. Khusus untuk kategori BCB Studentpreneur, pelamar memiliki perencanaan bisnis dan memiliki aktivitas kewirausahaan yang sedang berjalan. Bagi pelamar kategori BCB Aktivis  Muda, aktif di salah satu organisasi kampus dan luar kampus serta pernah menjadi narasumber pada forum internal atau eksternal kampus. Bagi pelamar dari semua kategori, disyaratkan untuk memiliki akun media sosial dan aktif pada media sosial tersebut.

Menurut Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh, Dr Baidhawi, mahasiswa yang saat ini sudah memiliki beasiswa bidikmisi, tidak dibenarkan untuk mengikuti seleksi beasiswa Baznas ini. “Seleksi sepenuhnya berada di Baznas, jika mahasiswa ingin mendapatkannya, maka semua persyaratan yang diminta harus dipenuhi,” tutup Baidhawi.[kur]


Kirim Komentar