Mahasiswa KKN Unimal Kembangkan TOGA Untuk Minuman Kesehatan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiwa KKN Universitas Malikussaleh mengembangkan taman Tanaman obat keluarga (TOGA) di Nagari Nagari Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. FOTO IST

UNIMALNEWS | Lubuk Basung - Empat orang mahasiswa Universitas Malikussaleh  yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Taluak IV Suku Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam mengembangkan taman tanaman obat keluarga (Toga). Empat mahasiswa ini adalah Narisha Amelia Putri, Lisna Agiara, Viola Septina, dan Adilla Afra Amri yang semuanya berasal dari Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Dalam pelaksanaan KKN kali ini mereka tergabung ke dalam kelompok 98 dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dwi Fitri MA.

Mahasiswa KKN ini juga tergabung ke dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nagari Taluak IV Suku yang bertugas memberikan edukasi dan informasi seputar Covid-19 agar warga bisa terhindar dari virus tersebut.

Agar bisa terhindar dari virus tersebut adalah dengan memiliki imunitas tubuh yang baik. “Virus Corona ini yang diserangnya adalah imunitas tubuh kita, jika imunitas kita rendah, maka virus tersebut akan cepat menyebar di dalam tubuh, namun jika imunitas kita bagus, maka virus tadi tidak bisa berkembang,” terang Narisha kepada Unimalnews, Selasa (5/5/2020).

Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan meminum minuman kesehatan yang berasal dari rempah-rempah, sehingga kelompok 98 akhirnya membuat taman Toga yang berisikan tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, kencur, temulawak dan juga sirih.

Menurut Narisha tanaman Toga ini dapat digunakan dalam pembuatan minuman kesehatan yang berguna dalam meningkatkan imun tubuh dalam rangka pencegahan Covid-19 selain social distancing, cuci tangan, dan penggunaan APD. Narisha juga berharap apa yang mereka lakukan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 98, Dwi Fitri  MA menyebutkan Toga  ini adalah warisan  dari kebiasaan leluhur kita dimana jenis tanaman yang ditanam adalah rempah keseharian dalam bumbu masak. Sehingga, hikmah dari pandemi  Covid -19 adalah menyadarkan kita bahwa tradisi leluhur kita ternyata merupakan hal  yang positif dalam membentuk imunitas tubuh terhadap penyakit.[ryn]


Berita Lainnya

Kirim Komentar