KKN Balik Kampung Tunjukkan Semangat Toleransi

SHARE:  

Humas Unimal
Pose mahasiswa KKN di depan Masjid Al Mu'min di Kelurahan Silandorung, Kota Rantauprapat.

UNIMALNEWS | Rantauprapat – Skema KKN di masa Covid-19 ini memberikan keleluasaan sehingga tetap bisa dijalankan di dalam kondisi serba terbatas seperti saat ini. Salah satu wujud KKN Unimal yang dilakukan ialah KKN Balik Kampung.

Salah satu yang melaksanakan KKN Balik Kampung ialah kelompok 115 yang berada i Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Tiga orang mahasiswa Universitas Malikussaleh melakukan bakti sosial kurikuler di era masa bulan Ramadan itu ialah Ardiansyah Lubis (Teknik Mesin), Leonardo Silalahi (Teknik Industri), dan M. Fajar Siddiq (Psikologi). Mereka melaksanakan KKN di bawah bimbingan Ikhyanuddin.

Salah satu kegiatan yang mereka lakukan adalah pembersihan masjid. Tanpa canggung mereka berpartisipasi dengan bergotong royong bersama masyarakat membersihkan Masjid Al Mu’min Lingkungan Pasuruan, Kelurahan Silandorung, Kota Rantauprapat pada Senin (11/5/2020).

Mereka melihat bahwa mesjid itu memerlukan revonasi dan sentuhan pembenahan karena terlihat telah lama kurang terurus. Setelah melakukan diskusi dengan pengurus kampung, ketiga mahasiswa Unimal  mulai melakukan pembenahan dengan melakukan penambahan beberapa item tempat masjid sehingga membuat ibadah masyarakat lebih nyaman, terutama saat melakukan Salat Taraweh. Kegiatan yang dilakukan oleh ketiga mahasiswa tersebut ialah pemasangan petunjuk pemisahan toilet wanita dan pria, petunjuk lokasi wudhu, penempatan lokasi parkir kendaraan, dan pengecatan pagar masjid. Mereka juga melakukan pembersihan masjid baik di dalam maupun di luar lingkungan masjid.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN yang juga terdapat di dalamnya mahasiswa non-muslim. Menurut Ikhyan, mereka bisa kolaborasi dan bekerjasama yang menunjukkan semangat toleransi telah terpupuk dengan baik, baik di kalangan mahasiswa Unimal sendiri atau dengan masyarakat sekitar yang tidak semuanya muslim. [tkf]


Kirim Komentar