Kolaborasi, Dosen Unimal Tulis Buku tentang Mengelola Database

SHARE:  

Humas Unimal
Buku "Mudah dan Cepat Belajar Database SQL Server 2008" kolaborasi dosen Teknik Informatika Universitas Malikussaleh dengan dosen Teknik Informatika Universitas Bina Insani.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Structured Query Language (SQL) merupakan salah satu poin penting dalam sebuah studi teknik komputer jaringan. SQL sebagai sebuah bahasa pemrograman memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang.

SQL dalam dunia Informasi Teknologi (IT) secara umum dapat diartikan sebagai bahasa yang digunakan dalam mengakses data. Khususnya untuk data yang memiliki basis relasional. Sedangkan Microsoft SQL Server merupakan sistem manajemen basis data rasional yang dirancang untuk aplikasi  dengan arsitektur client server.

Untuk memudahkan mahasiswa dan juga pihak yang ingin mempelajari tentang implementasi database dengan SQL Server 2008, maka dosen Teknik Informatika Universitas Malikussaleh, Dr Dahlan Abdullah berkolaborasi dengan dosen Teknik Informatika Universitas Bina Insani Jakarta, Didik Setiyadi MKom menulis sebuah buku dengan judul “Mudah dan Cepat Belajar Database SQL Server 2008”.

Menurut Dahlan kepada Unimalnews, Selasa (26/5/2020), buku ini menyajikan tentang bagaimana merancang basis data dengan pendekatan normalisasi data dan mengimplementasikannya dengan menggunakan SQL Server 2008. Cetakan pertama buku ini terbit pada Mei 2020

Buku setebal 243 halaman ini  juga membahas tentang konsep normalisasi data sampai dengan Entity Relationship Diagram (ERD), Pengenalan SQL Server 2008, modifikasi tabel, integritas data, pembuatan database dan tabel dengan query editor, manipulasi data dengan select hingga indeks dan pemrograman SQL Server 2008.[ryn]


Kirim Komentar