Unimal Terima Bantuan Rapid Test dari Dinas Kesehatan Aceh

SHARE:  

Humas Unimal
Dr Baidhawi, Plt Dekan Fakultas Kedokteran yang juga Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan menerima berita acara penyerahan rapid test dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh di Lhokseumawe, Rabu (10/6/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh (Unimal) mendapatkan bantuan sebanyak 160 unit alat rapid test dari pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan Provinsi  yang akan digunakan untuk keperluan kampus tersebut, (Rabu 10/6/2020).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di kantor Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe. Bantuan alat tersebut diterima oleh Dr Baidhawi yang merupakan Plt Dekan Fakultas Kedokteran yang juga Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan didampingi  dr Sayuti SpB yang merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Dokter sekaligus Wakil Ketua Satgas Covid-19 Unimal.

Sebagaimana diketahui rapid test merupakan alat pendeteksi awal untuk mengetahui seseorang terpapar Covid-19. “Rapid test memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM yang ada di dalam darah. IgG dan IgM adalah sejenis antibodi yang terbentuk di tubuh saat kita mengalami infeksi virus. Jadi, jika di tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah,” ujar Sayuti.

Sementara itu, Baidhawi mengatakan alat tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan sivitas akademika Universitas Malikussaleh."Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi Unimal. Jika dihitung dari kebutuhan, Unimal butuh sekitar 2000 alat rapid test," ucap Baidhawi.

Atas penyerahan tersebut, Baidhawi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang peduli terhadap Unimal dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan.[btm/ryn]


Kirim Komentar