Gangguan Jaringan Internet Warnai UTBK Hari Keempat

SHARE:  

Humas Unimal
Koordinator Teknologi Informasi Komputasi (Kortik) Universitas Malikussaleh, Rizal MIT. Foto; Ahmad Al Bastin

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) hari keempat di Universitas Malikussaleh diwarnai dengan adanya gangguan internet. Gangguan internet tersebut terjadi di Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Rabu (8/7/2020).

Gangguan internet yang menimpa dua ruang terjadi ketika pelaksanaan ujian sesi pertama, yakni sekitar pukul 10.30.

Gangguan hanya terjadi di dua ruangan, yakni Laboratorium FEB 1 dan Lab FEB 2. Penanggung  jawab Ruang Lab FEB2, Ayi Jufridar, mengatakan,  pihaknya langsung menenenangkan peserta setelah kejadian. Para peserta menunggu dengan sabar sampai jaringan membaik kembali.

Koordinator Teknologi Informasi Komputasi (Kortik) Unimal, Rizal MIT, mengatakan, gangguan internet yang terjadi disebabkan karena putusnya Fiber Optik (FO), sehingga menyebabkan putusnya jaringan ke sever. “Gangguan internet bukan berasal dari perangkat di Unimal, tapi putusnya kabel FO dari penyedia jaringan yakni Telkom,” ujar Rizal.

Walaupun gangguan internet ini menyebabkan tertundanya pelaksanaan sesi kedua  selama 30 menit, namun tidak menyebabkan kerugian kepada peserta, karena jawaban yang sudah dijawab tidak hilang dan waktu ujian mereka tidak berkurang, jelas Rizal.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana (Korpel) UTBK Unimal, Teuku Kemal Fasya MHum, menyampaikan bahwa pada pelaksanaan hari keempat terdapat 61 orang peserta yang tidak hadir, 30 orang pada sesi pertama dan 31 orang pada sesi kedua. “Hari ini merupakan jumlah terbanyak peserta yang tidak hadir selama pelaksanaan UTBK,” ucap Kemal.

Pelaksanaan UTBK di Unimal akan berakhir pada Kamis (9/7/2020).[ryn]


Kirim Komentar