Unimal Laksanakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Jalur Mandiri

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng, meninjau secara langsung pelaksanaan ujian seleksi jalur mandiri di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Selasa (28/5/2020). Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh melaksanakan ujian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMMPTN-BARAT)Tahun 2020 bagi calon mahasiswa baru di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Selasa (25/8/2020).

SMMPTN-BARAT merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMMPTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan data portofolio calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN-BARAT.

Terdapat 16 PTN yang tergabung ke dalam pelaksanaan SMMPTN-Barat 2020. Salah satunya adalah Universitas Malikussaleh.

Pelaksanaan ujian jalur mandiri ini dipantau langsung oleh Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng pada pelksanaan sesi kedua. Rektor juga sempat bertanya kepada para peserta tentang asal daerah peserta dan juga tentang kesiapan peserta dalam menghadapi ujian. Rektor tampak memasuki beberapa ruangan sebelum ujian pelaksanaan ujian sesi kedua dimulai.

Pembantu Rektor Bidang Akademik, Jullimursyida PhD, mengatakan bahwa Unimal hanya melaksanakan UTBC saja. Ujian dilaksanakan selama satu hari dengan membaginya ke dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 08.30 s.d 10.45 WIB, sedangkan sesi kedua dilaksanakan pukul 14.00 s.d 16.15 WIB.

Ujian jalur mandiri di Universitas Malikussaleh diikuti oleh 729 peserta, namun sebanyak 54 peserta tidak mengikuti ujian pada jadwal yang ditentukan. Total ruangan yang digunakan adalah 37 ruang yang terdiri dari 24 ruangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan 13 ruangan di Fakultas Hukum (FH).

Pelaksanaan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, di mana jumlah peserta di masing-masing ruang hanya dibatasi 10 orang saja. Pengumuman hasil SMMPTN Barat akan diumumkan pada tanggal dua September 2020, pungkas Jullimursyida.[tmi/ryn]


Kirim Komentar