Mahasiswa Fakultas Hukum Unimal Jadi Raja Baca Kabupaten Aceh Tengah 2020

SHARE:  

Humas Unimal
Alga Mahate Ara, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh yang terpilih menjadi Raja Baca Kabupaten Aceh Tengah 2020. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Takengon – Alhamdulillah, inilahkata pertama yang diucapkan oleh Alga Mahate Ara ketika dinobatkan menjadi Raja Baca Kabupaten Aceh Tengah 2020, pada Kamis (27/8/2020). Prestasi ini diraih setelah dirinya mampu memenangkan persaingan dengan 64 peserta lainnya.

Perjalanan Alga, begitu panggilannya  sehari-hari, menjadi Raja Baca ini tidaklah mudah. Dia melewati berbagai tes yang dilakukan oleh panitia hingga akhirnya ditetapkan menjadi Raja Baca.

Kegiatan pemilihan Duta Baca, meliputi Raja dan Ratu Baca ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah.

Pada awalnya para peserta harus melaluli tes wawancara, setelah lulus kemudian dilanjutkan untuk mengikuti tes tulis. Setelah melewati tes tulis, panitia menetapkan enam pasangan untuk berlaga pada tahap selanjutnya.

Keenam pasangan membuat portofolio yang dipresentasikan di depan dewan juri tentang pentingnya membaca dan program yang akan dilakukan dalam mempromosikan arti penting membaca.

Alga Mahate Ara merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh angkatan 2017 yang saat ini juga sebagai  Ketua Forum Kajian dan Penulisan Hukum (FKPH).

“Bagi saya menjadi Raja Baca ini bukanlah sekedar aksi eksistensi saja, namun merupakan amanah untuk membumikan minat baca, karena berdasarkan hasil penilaian dari  Central Connecticut,  Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal literasi. Ini menjadi PR bagi saya dan kita semua untuk selalu memberikan motivasi dan teladan kepada orang lain bahwa buku adalah sumber pengetahuan,” ujar Alga.

Sementara itu, Hadi Iskandar MH, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Alga. “Apa yang telah dilakukan oleh Alga dapat meningkatkan atmosfer akademik bagi para mahasiswa pada saat ini, di mana dalam kondisi pandemi, setiap orang masih dapat terus berkarya dan berprestasi. Semoga apa yang dilakukan Alga dapat dicontoh juga oleh mahasiswa lainnya,” pungkas Hadi.[ryn]


Kirim Komentar