Pakar Neuroscience Lulusan Jerman Beri Motivasi Mahasiswa Kedokteran Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Webinar motivasi kepada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | LhokseumawFakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru. Motivasi yang bertemakan “Resiliensi Diri Terhadap Transformasi Kehidupan Siswa Menjadi Mahasiswa” menghadirkan narasumber seorang pakar Neuroscience lulusan Jerman, dr Maulana Ikhsan MSc.

Maulana Ikhsan saat ini juga tercatat sebagai mahasiswa PhD Ilmu Neuroscience di Universitas Zu Lubeck, Jerman.

Dalam presentasi yang diberi judul “Melompat Lebih Tinggi”, Maulana menyampaikan pengalaman-pengalaman yang langsung ia alami  saat masih aktif sebagai mahasiswa yang pernah menjadi ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM-FK) Unsyiah, upaya-upaya adaptasi yang dijalankan saat menempuh Pendidikan Master of Science di bidang Neuroscience Otto von Guricke-Universitat, Magdeburg, Jerman pada tahun 2012-2014, dan Pendidikan doktoral pada bidang yang sama saat ini.

Selanjutnya, Maulana juga memberikan cara untuk mampu terus membangun resiliensi diri terutama saat menyandang status mahasiswa yaitu dengan cara meluruskan niat belajar, terus menjaga kesehatan raga dan mental, membangun jaringan, dan yang paling penting adalah dengan bersandarkan pada Yang Maha Besar.

Maulana menutup materi dengan menyampaikan satu kutipan  yang juga menjadi motto bagi dirinya sendiri saat menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan yaitu “bersyukurlah untuk masa-masa sulitmu, karena di masa itu engkau akan berkembang”

Webinar motivasi yang dilaksanakan secara daring tersebut dipandu oleh dr Teuku Ilhami Surya Akbar MBiomed.

Ketua Panitia Kegiatan, dr Muhammad Syahriza kepada Unimalnews, Rabu (30/9/2020) mengatakan ahwa fenomena yang terjadi saat ini banyak dari mahasiswa yang mengalami kendala untuk bisa menyeimbangkan kegiatan akademik dengan Kegiatan ekstrakurikuler lain seperti berorganisasi. “Webinar motivasi ini diharapkan mampu merubah pola pikir mahasiswa untuk terus mampu menyeimbangkan aktivitas selama menyandang status mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, Plh Dekan FK Unimal, Dr Baidhawi menyebutkan bahwa webinar motivasi ini dilakukan karena melihat besarnya beban yang dihadapi oleh mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dimana sistem pembelajaran yang digunakan adalah sistem Problem Based-Learning yakni sistem pembelajaran berbasis kepada masalah dan upaya yang dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut yang mengharuskan mahasiswa lebih mandiri mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.[ryn]


Kirim Komentar