Webinar Prodi Ilmu Kelautan Unimal Bahas Inovasi Teknologi Sektor Kelautan dan Perikanan

SHARE:  

Humas Unimal
Webinar Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh beberapa waktu lalu. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh menggelar webinar kuliah tamu dengan tema “Inovasi Teknologi Tepat Guna Sektor Kelautan dan Perikanan”. Webinar ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Prof Dr Ambo Tuwo, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Hasanuddin dan Dr Roza Yusfiandayani dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Dalam sambutannya Ketua Prodi Ilmu Kelautan Unimal, Dr Erniati mengatakan bahwa kuliah tamu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Kelautan, dengan tujuan untuk menambah wawasan para dosen dan mahasiswa di prodi tersebut.

Ketua Panitia, Erlangga MSi dalam rilisnya kepada Unimalnews, Selasa (13/10/2020) mengatakan bahwa kegiatan webinar tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Unimal, Dr Mawardati. Webinar tersebut diikuti oleh mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Kelautan serta pihak lain di luar prodi tersebut.

Prof Ambo Tuwo dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa Inovasi itu adalah melihat yang tidak terlihat. “Inovasi itu seeing the unseen dengan cirinya adalah novelty (kebaruan) dan terencana,” ujarnya.

Inovasi dan teknologi sangat berguna dalam pengembangan era 4.0, di mana perkembangan inovasi dan teknologi diharapkan mampu tepat guna ke masyarakat pesisir dalam bentuk adanya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup.

Sementara  itu Dr Roza Yusfiandayani mengatakan bahwa inovasi itu dimulai dari penelitian. Untuk menguatkan hasil inovasi dari penelitian di bidang kelautan dan perikanan perlu dikunci dengan HKI. “Hak paten tersebut dapat dimanfaatkan secara tepat guna hasil inovasinya ke masyarakat dan bukan hanya dikomersilkan,” pungkasnya.[ryn]

 


Kirim Komentar