Nova Evita Sari, Latih Silat Anak di Lokasi KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Nova Evitas Sari, Mahasiswa KKN yang sedang melatih silat bagi anak-anak dan remaja desa. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Takengon - Satu dari 10 skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ada di Universitas Malikussaleh adalah KKN Balik Kampung (BK). Mahasiswa yang mengambil skema ini diperkenankan melakukan program sesuai dengan kemampuan yang dimiliki untuk bisa bermanfaat di lokasi KKN.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Nova Evita Sari, mahasiswa Prodi Administrasi Publik yang melaksanakan KKN-BK di Desa Merah Jernang Kecamatan Atu Lintang Kabupaten Aceh Tengah. Nova dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Dahlan Abdullah, melatih bela diri silat bagi anak-anak dan remaja di desa tempat ia tinggal.

Sebelum memulai latihan, Nova bersama pemuda desa bergotong royong mempersiapkan lahan yang akan digunakan sebagai tempat latihan silat. Latihan dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Menurut Nova, mengajarkan silat kepada anak dan pemuda desa agar silat sebagai warisan budaya tetap hidup dalam diri generasi saat ini. “Saat ini, silat sudah mulai jarang diminati oleh para anak-anak dan remaja desa, kebanyakan mereka lebih asyik bermain game di gadget. Silat selain untuk bela diri juga bisa dimanfaatkan sebagai seni,” terangnya.

Dahlan Abdullah, selaku DPL turut senang dengan program yang dilakukan oleh Nova. “Apa yang dilakukan Nova ini sangat besar manfaatnya bagi generasi muda saat ini,” ujarnya.

Latihan silat ini mendapat respons yang sangat baik dari para anak-anak dan remaja desa. Banyak anak-anak dan remaja desa yang ikut berlatih, bahkan juga diikuti oleh remaja dari desa tetangga.[ryn] 


Kirim Komentar