Mahasiswa KKN 146 Bagikan Masker Gratis kepada Santri di Bireuen

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 146 bagikan masker kepada santri cilik di Bireuen. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Bireuen - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Kelompok 146 melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 yang diikuti dengan pembagian masker gratis kepada para santri di Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Sabtu (24/10/2020).

Tujuh orang mahasiswa yang melaksanakan KKN skema Pencegahan Covid-19 tersebut yaitu Andi Juanda dan Novriadi (Teknik Elektro), Rayya Trianda (Pendidikan Dokter), Yuldasari (Akuntansi), Riva Zaura  (Administrasi Publik), serta Maulinda dan Qhadafi Irfannur Hatta (Ilmu Hukum).  Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat  terhadap upaya pencegahan penularan virus Corona, terutama di lingkungan dayah.

Dalam melaksanakan program ini, mahasiswa melakukan silaturahim ke balai pengajian di Desa Cot Jrat, Bireuen dan melaksanakan sosialisasi kepada para santri. Mereka   menyampaikan cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 seperti dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun di air mengalir selama berada di lingkungan pesantren. Para santri juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di manapun mereka berada

Andi Juanda selaku ketua kelompok menyampaikan bahwa setelah acara sosialisasi, mereka juga membagikan masker kepada santri dan dewan guru di dayah.  “Masker kami bagikan secara gratis dan kami juga langsung bergabung menjadi relawan dalam lembaga Gerakan Pemuda Peduli Masyarakat (GPPM) Bireuen sebagai bentuk  kerja sama dalam memutuskan rantai penyebaran penyakit ini,”tambah Andi.

 Sementara itu, dosen pembimbing lapangan Kelompok 146, dr. Sri Wahyuni MSc menyampaikan bahwa pondok pesantren atau dayah berpotensi menjadi institusi pembangunan kesehatan. “Saya mendukung kegiatan sosialisasi pencegahan COVID-19 di lingkungan dayah karena sangat relevan dengan peringatan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober lalu yang mengusung tema "Santri Sehat Indonesia Kuat”,”tutupnya.


Kirim Komentar