KKN-BK UNIMAL 163 Edukasi Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-anak di Pandeglang

SHARE:  

Humas Unimal
Arie, mahasiswa KKN BK-Mandiri 163 sedang mengajari anak-anak untuk menaga kebersihan. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Pandeglang – Ari Salahudin, salah seorang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) Mandiri edukasikan pencegahan penyebaran covid-19 kepada anak-anak Kampung Kadupinang, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

“Anak-anak sangat rentan sekali tertular virus covid-19 ini, karena itu edukasi pencegahan penyebaran covid-19 harus dilakukan sejak dini. Selain melakukan jaga jarak/social distancing, pola hidup sehat juga harus diajarkan kepada anak-anak secara langsung mulai dari mencuci tangan yang baik dan benar, menggunakan masker, mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, rajin berolahraga serta  istirahat yang cukup” ujarnya, Senin 26 (10/20)

Dengan adanya edukasi sejak dini ini, Ari berharap dapat mencegah penyebaram covid-19 di kampung tersebut, selain itu masyarakat dapat mewaspadai anak-anaknya dalam bermain agar selalu menerapkan protokol kesehatan. “Saya berharap apa yang saya ajarkan dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari” ujarnya

Jelas Ari, di era new normal atau  normal baru ini masih banyak orang tua yang kurang paham tentang berkegiatan sesuai dengan protocol Kesehatan sehingga edukasi akan hal tersebut sangat perlu dilakukan. Salah satu edukasi yang diajarkan yaitu diantaranya cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar WHO serta pembagian masker kepada anak-anak dan orangtuanya.

Menurut WHO (2005) dalam Depkes RI (2006) terdapat dua teknik mencuci tangan, pertama mencuci tangan pakai air dan sabun  kemudian mencuci tangan dengan larutan berbahan dasar alkohol. Edukasi ini bertujuan agar anak-anak sadar betapa pentingnya mencuci tangan yang baik dan benar agar tidak terinfeksi Covid-19.

Dimasa pandemic ini cuci tangan dan penggunaan masker dengan benar sangat penting karena hal tersebut dapat mencegah atau memutus rantai penyebaran Covid-19. Dengan edukasi yang sederhana dan pemberian contoh langsung kepada anak-anak diharapkan anak-anak menjadi lebih antusias dan disiplin dalam mencuci tangan dan memakai masker setiap kali berkegiatan  diluar rumah.

“Sebelumnya saya juga sudah melakukan sosialiasi online menggunakan media elektronik seperti WA, Instagram dengan membagikan poster informasi covid-19 bagaimana cara pencegahannya ataupun cara hidup sehat di normal baru ini ” kata Ari

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan, Teuku Kemal Fasya MHum berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif untuk anak-anak ataupun  masyarakat dan pihak terkait dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. [tkf]


Kirim Komentar