Mahasiswa KKN Kelompok 54 Bantu Peresmian Kampung Tangguh Ketahanan Pangan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 54 turut berpartisipasi dalam peresmian Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Desa Pematang Kuing, Batu Bara. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Limapuluh – Sejumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) turut terlibat aktif dalam peresmian Kampung Tangguh Ketahanan Pangan Desa Pematang Kuing Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Peresmian dilakukan oleh Kapolres Batu Bara, AKBP H Ikhwan Lubis MH pada Jum’at (30/10/2020).

Dalam peresmian tersebut juga dilakukan pemberian santunan kepada 100 orang anak yatim piatu dan fakir miskin oleh Komunitas Sedekah Jumat (KSJ).

Peresmian itu dihadiri oleh Camat Sei Suka, Listen Samosir SE, Kepala Desa Pematang Kuing, Chairil Anwar, dan perangkat desa lainnya.

Peresmian Kampung Tangguh Ketahanan Pangan ini dilakukan dalam bentuk Kebun Bibit Desa (KBD). Kebun itu berisikan tanaman-tanaman apotek hidup, cabai, bawang merah, dan jahe merah.

Menurut Kapolres Batu Bara, Ikhwan Lubis, kehadiran kampung tangguh ini adalah untuk memperkuat ketahanan pangan. “Kampung Tangguh ini disesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa, ada yang menanam tanaman pangan, ada juga yang memfokuskan kepada peternakan,”ucapnya.

Ketua Kelompok KKN 54, Vikra Aditya mengatakan bahwa, mahasiswa KKN berpartisipasi dalam hal mempersiapkan kegiatan peresmian tersebut. Selain itu, mahasiswa KKN juga berperan dalam hal mempersiapkan kebun desa yang diisi berbagai tanaman.

“Kehadiran Kampung Tangguh Ketahanan Pangan memiliki manfaat besar bagi desa. Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan, juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Vikra.

Kelompok KKN 54 beranggotakan empat orang yaitu Vikra Aditya (Teknik Mesin), Abiyuda Firzatullah (Teknik Mesin), Andika Rahman Priadi (Teknik Sipil),  dan Sri Rezky Wahyuni Nazla (Hukum). Kelompok KKN 54 memilih skema KKN-Balik Kampung (BK). Kelompok ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Cut Ita Erliana MT. [ryn]


Kirim Komentar