Mahasiswa KKN P071 Bantu Salurkan Bansos Presiden kepada Warga di Bogor

SHARE:  

Humas Unimal
Muhammad Reza Boyhaqi merupakan peserta KKN P071 turt membantu membagikan bansos Presiden RI kepada warga di Desa Sukahati Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat (31/10/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Bogor – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) Kelompok P-071 membantu perangkat desa dalam mendistribusikan Bansos (Bantuan Sosial) Presiden  RI kepada warga di Desa Sukahati Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat (31/10/2020).

Penyaluran Bansos Presiden ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan perangkat desa Sukahati semenjak terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia. Bansos kali ini merupakan tahap ke- XI. Bantuan ini berasal dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Dinas Sosial di kabupaten.

"Kegiatan ini sudah rutin, waktu turunnya dari Pemerintah Pusat bisa sebulan sekali maupun dua kali. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19," Ujar Antoni selaku Sekretaris Desa.

Ia juga menjelaskan, terdapat 1378 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Sukahati yang menerima bantuan tahap ke- XI ini. Penyaluran bantuan ini melalui ketua RW masing-masing. Di Desa Sukahati terdapat sembilan RW.

Muhammad Reza Boyhaqi, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil yang mengambil skema KKN-Balik Kampung (BK) turut berpartisipasi membantu menyalurkan bantuan kepada warga pada sembilan RW di desa tersebut. “Warga yang mendapatkan bansos adalah yang sudah ditetapkan oleh desa sebagai KPM. Penetapan warga sebagai KPM dilakukan oleh perangkat desa yang dibantu dengan masing-masing RW,” ujarnya.

Setiap KPM menerima bantuan berupa bahan sembako beras 10 kg, minyak sayur dua liter, biskuit  satu kaleng, sarden dua kaleng, dan susu bubuk.

Kepala Desa Sukahati, Endang Gunawan, merasa senang dengan adanya partisipsi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, sehingga bisa meringankan perangkat desa dalam mendistribusikan bansos kepada masyarakat dan juga sebagai bentuk transparansi pemerintah Desa Sukahati.

Muhammad Reza Boyhaqi merupakan peserta KKN P071 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ferdy Saputra MH. [ryn]


Kirim Komentar