Sambut Maulid Nabi, Mahasiswa KKN Kelompok 76 Bersihkan Masjid

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 76 membersihkan Masjid Al Mabrur Desa Mns Mesjid Cunda Kota Lhokseumawe. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad Saw atau Maulid Nabi merupakan salah satu  momen yang dirayakan dengan semarak oleh umat Islam. Di Aceh, Maulid Nabi dikenal dengan sebutan khanduri mulod.

Khanduri maulod ini tidak saja diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal atau bertepatan pada tanggal lahirnya Nabi Muhammad Saw, namun perayaan mulod bisa dilakukan selama tiga bulan yang dilakukan secara berbeda waktunya pada setiap desa atau kecamatan.

Persiapan khanduri mulod ini biasanya dilakukan dengan melakukan masjid atau meunasah tempat dipusatkannya kegiatan tersebut. Termasuk juga di Masjid Al Mabrur Desa Mns Mesjid Cunda Kota Lhokseumawe.

Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tersebut juga ikut mengambil peran dalam persiapan perayaan itu. Mereka secara bersama bergotong royong membersihkan area masjid tersebut.

Mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di desa tersebut berjumlah tujuh orang yaitu Raski Lamkaruna (Agroekoteknologi), Muhammad Adrian Roja (Administrasi Publik), Rini Permata (Ekonomi Pembangunan), Muhammad Rizky (Teknik Mesin), Desi Arisandi Zahara Rambe (Agroekoteknologi), Rahmat Rizky (Teknik Kimia), dan Rahmatika Nadirah (Sosiologi).

Ketujuh mahasiswa tersebut tergabung ke dalam Kelompok 76 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Dahlan Abdullah.

Menurut Raski Lamkaruna yang merupakan Ketua Kelompok 76, pembersihan masjid meliputi semua bagian masjid yaitu lantai bagian dalam, lantai bagian luar, jendela, halaman, dan tempat berwudu. “Semoga kegiatan mulod bisa berlangsung dengan baik dan warga bisa beribadah lebih nyaman di masjid ini,” pungkasnya.


Kirim Komentar