Mahasiswa KKN 015 Unimal Buka Bimbingan Belajar di Besitang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 015

UNIMALNEWS | Stabat – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN BK) Universitas Malikussaleh membuka bimbingan belajar kepada pelajar yang sedang “dirumahkan”. Pelaksanaan ini dilaksanakan di Desa Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (03/11/2020).

Mahasiswa berperan sebagai salah satu stakeholder dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Hal ini yang dilakukan kelompok KKN BK 015 Unimal membuka bimbingan belajar kepada para pelajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era pandemi saat ini.

Kelompok KKN ini terdiri dari lima orang, Dimas Putra (Antropologi), Nabasa Simatupang (Ilmu Hukum), Syahmita Suwandira (Akuakultur), Mart Rasyid Muhammad (Sosiologi), dan Anisa Aulia (Teknik Kimia). Yang diajarkan dalam Bimbel kali ini ialah pelajaran menulis terutama nama, membaca serta berhitung.

Menurut ketua kelompok, Dimas, bimbel ini muncul melalui inisiatif dan rasa empati melihat anak-anak yang tidak mendapat pembelajaran penuh disekolah terutama ketika mereka dirumah yang hanya bermain. “Di sini banyak pelajar, mayoritas sekolah dasar. Mereka terpaksa menjalani sekolah dari rumah yang hanya seminggu sekali. Jadi saya dan teman KKN membuat bimbel sebagai bentuk program pengabdian. Antusiasme pelajar sangat beragam, ada yang ceria sekali, ada yang bingung tetapi masih semangat,” ujar Dimas.

Menurut salah seorang ibu peserta bimbel, Siti, mahasiswa KKN bisa membantu kesulitan anak-anak mengerjakan pelajaran sekolah. "Terkadang sampai mumet mengajarinya karena ibu saja cuma tamat SD. Belum lagi waktu ibu yang tersita lelah bekerja seharian di kebun,” ujarnya.

Arief Rahman MPd selaku DPL kelompok KKN 015 berharap para mahasiswa bisa menyesuaikan teknik bimbel dengan baik. “Harapan saya tentunya kepada mahasiswa agar teknik bimbelnya disesuaikan kondisi peserta didik dengan mengedepan prinsip aktif, kreatif, efektif dan tentunya menyenangkan” tutupnya. [tkf]


Kirim Komentar