Mahasiswa KKN 327 Bantu Penyuluh SLPHT

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 327 bersama Penyuluh Pertanian Lapangan di Gampong Bayu Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Sejumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) membantu penyuluh Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) di Gampong Bayu Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara beberapa waktu lalu.

SLPHT merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran serta pemahaman bagi para petani, ujar Yuskarina SPi, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Selain petani, kegiatan itu juga dihadiri oleh anggota Koramil dan pemuda desa setempat.

Mahasiswa  KKN yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Kelompok 327 yang beranggotakan tujuh orang, enam dari Prodi Teknik Informatika yakni Zulfikri, Ahmad Fauzan, Sufriadi, Mara Wahyu Alamsyah Pane, Naya Sherina, dan Wina Fitriani. Sedangkan satu orang lagi beraal dari Prodi Administrasi Publik yaitu Hermiyanti.

Mahasiswa KKN tersebut membantu penyuluh dalam memberikan praktik kepada petani yang hadir. “Kegiatan kali ini fokus kepada penanganan hama padi, karena sebagian besar penduduk di desa ini adalah petani padi,” kata Zulfikri, Ketua Kelompok 327.

“Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat kepada petani, namun juga kepada kami. Ada informasi baru yang didapat dari kegiatan penyuluhan ini. Salah satunya kita jadi tahu bahwa agar tanaman  padi tidak dirusak oleh hama dan penyakit dengan cara menanam tanaman bunga Saliara (Lantana Camara), atau lebih dikenal dengan sebutan bunga tahi ayam,” ucap Hermiyanti, salah seorang anggota Kelompok 327.

Kelompok 327 mengambil skema KKN Pencegahan Covid-19 dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Riyandhi Praza MSi.[bas]


Kirim Komentar