Perkuat Ketahanan Pangan, Kelompok 179 Tanam Sayuran di Lokasi KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 179 mempersiapkan lahan untuk ditanami sayuran di Gampong Menasah Mee Kecamatan Kembang Tanjoeng Kabupaten Pidie. Foto; Ist

UNIMALNEWS  | Sigli - Pandemi Covid-19 menyebabkan terganggunya suplai bahan makanan. Mengutip dari Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), bahwa ada ancaman terjadinya krisis pangan di dunia .

Berangkat dari hal tersebut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Kelompok 179 membuat lahan yang ditanami dengan sayuran di lokasi KKN.

Mahasiswa KKN Kelompok 179 ini beranggotakan lima orang yaitu Muhammad Aidil (Teknik Elektro), Fatiya Azzahra (Manajemen), Miya Sonia (Teknik Informatika), Tutia Rahmi (Teknik Informatika), dan Nadiatul Huda (Teknik Industri). Kelompok ini mengambil skema KKN Balik Kampung (KKN-BK) di Gampong Menasah Mee Kecamatan Kembang Tanjoeng Kabupaten Pidie, dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Ferdy Saputra MH.

Ketua Kelompok 179, Muhammad Aidil, dalam rilisnya kepada Unimalnews menyebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan warga gampong. “Harapannya, masyarakat bisa meniru apa yang kami lakukan, sehingga nantinya hasil dari sayuran yang ditanam bisa dijual ke pasar, sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” ujarnya.

Jenis sayuran yang ditanam ada dua yaitu bayam dan kangkung. “Dipilihnya kedua sayuran tersebut karena merawatnya tidak begitu sulit dan lebih cepat masa untuk dipanen,” ucap Tutia Rahmi, salah satu anggota Kelompok 179.

Sementara itu DPL Kelompok 179, Ferdy Saputra mengingatkan agar mahasiswa KKN melaksanakan program kerja yang sesuai dengan keadaan di tempat KKN. “Buat program yang manfaatnya dapat dirasakan bagi warga di lokasi KKN,” pungkasnya.[ryn]


Kirim Komentar