KKN Kelompok 376 Bagikan Masker dan Sabun Cuci Tangan di Matang Sijuek Barat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 376 bersama santri Dayah Madinatuddiniah Miftahul Ulu, Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - KKN kelompok 376 Universitas Malikussaleh  bagikan masker dan sabun cuci tangan untuk santri di Dayah Madinatuddiniah Miftahul Ulum, tepatnya di Gampong Matang Sijuek Barat Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara, pada Senin (02/11/2020).

Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta memberi perlindungan maksimal dari bakteri dan virus agar masyarakat desa dan santri tetap dalam kondisi sehat.

Masker yang dibagikan oleh kelompok 376 yaitu masker medis yang merupakan jenis masker sekali pakai. Menurut Maulidatul Jannah, selaku peserta KKN kelompok 376, masker medis sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur dan terdiri dari tiga lapisan yaitu: 1) lapisan luar berfungsi anti air, 2) lapisan tengah, yang berfungsi sebagai filter kuman, dan 3) lapisan dalam untuk menyerap cairan dari mulut.

Selain itu, juga dibagikan sabun cuci tangan "power soap" hasil racikan kelompok 376 pada masyarakat yang diproduksi pada Jumat (31/10/2020).

"Sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi di Dayah Madinatuddiniah Miftahul Ulum dan membahas beberapa persoalan mengenai Covid-19 yang terjadi di Aceh Utara. Kami melihat untuk pencegahan virus Corona dituntut selalu memakai masker dan sering mencuci tangan menggunakan sabun," ujar Alfinora selaku peserta KKN.

Kegiatan ini sangat baik diterapkan apalagi di saat pandemi covid 19 seperti ini. Aktivitas di luar pasti banyak sekali bakteri atau virus yang ada di tubuh, terutama di tangan. Di sanalah mahasiswa KKN memberikan arahan dan bimbingan kepada santri di dayah Madinatuddiniah Miftahul Ulum untuk menjaga kesehatan diri. Hanya dengan menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan, dan jaga jarak dapat memutuskan mata rantai Covid-19.

Kelompok 376 dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Teuku Kemal Fasya MHum. [ryn]


Kirim Komentar