Mahasiswa Unimal KKN-PTUP 57 Lakukan Sensus Penduduk di Muara Enim

SHARE:  

Humas Unimal
Seti Indah Sari sedang melakukan sensus penduduk di Muara Enim. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Muara Enim – mahasiswa KKN Pelaksana Tugas Umum Pemerintah (PUTP) 57 melaksanakan sensus di Desa Muara Meo, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Kegiatan sensus penduduk 2020 ini di sambut baik oleh Reski, kepala Desa Muara Meo. Ia merasa terbantu dengan adanya tugas kesukarelawanan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN PUTP ialah Septi Indah Sari dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr Rozanna Dewi ST, MSc.

Septi menyatakan bahwa kegiatan sensus penduduk yang dilakukan yaitu 1) Tahap Pemeriksaan Daftar Penduduk, yaitu petugas sensus melakukan pemeriksaan daftar penduduk yang telah diberi dokumen oleh pihak BPS dengan cara berkunjung dari rumah ke rumah bersama perangkat desa yang ada di desa tersebut. Mereka kemudian memberikan tanda silang pada salah satu kode di kolom “Cek” berdasarkan penjelasan perangkat desa yang di tunjuk di dokumen SP 2020-DP dan menanyakan keberadaan penduduk lain yang tinggal di desa tersebut tetapi belum tercantum pada dokumen SP 2020-DP.

2) Tahap Verifikasi lapangan, yaitu melakukan penomoran bangunan pada dokumen SP 2020-DP dan melakukan penggambaran pada peta SP 2020-WS serta menanyakan tanggal dan surat  kematian untuk orang yang sudah meninggal bila ada di dokumen SP 2020-DP.

3.Tahap Pencacahan lapangan, yaitu mengunjungi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online dan penduduk baru yang belum terdaftar dalam dokumen SP 2020-DP.

Menurut Rozanna, sensus penduduk 2020 ini sangat bermanfaat karena menghitung jumlah penduduk riil, mengetahui persebaran penduduk, dan mengumpulkan data kependudukan seperti usia, jenis kelamin, dan pekerjaan penduduk. [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar