Mahasiswa KKN 197 Unimal Sosialisasikan Pencegahan Covid-19 untuk Siswa Sekolah Dasar di Bireuen

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 197 berfoto bersama siswa-siswi SDN 7 Juli Bireuen usai sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, Senin (09/11/2020). Foto: Ist.

UNIMALNEWS |  Bireuen - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang masih berkepanjangan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Angkatan XXVIII yang tergabung dalam Kelompok 197 melaksanakan sosialisasi kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di Sekolah Dasar  Negeri (SDN) 7 Juli Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Kegiatan ini berlangsung  pada hari Senin (09/11/2020).

Salah satu program dari Kelompok  KKN yang mengambil  skema KKN Pencegahan Covid-19 ini bertujuan untuk mengedukasi  siswa-siswi tingkat sekolah dasar tentang  bagaimana  mencegah penyebaran virus Corona. Kelompok 197 terdiri dari tujuh orang anggota, yaitu Nadia Afdi, Dery Al Fareja dan Zulfahmi (Teknik Sipil), Andi (Ilmu Kelautan), Fajar Maulana (Teknik Industri), Fitriani (Ilmu Hukum), dan Zulkiram (Ilmu Kelautan). Mereka dibimbing oleh Harvina Sawitri MKM sebagai dosen pembimbing lapangan.

Setelah berdiskusi dengan Kepala Sekolah beserta Dewan Guru SDN 7 Juli, mahasiswa KKN melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan seluruh siswa-siswi di lingkungan sekolah untuk menyampaikan edukasi mengenai Pandemi Covid-19.  Mereka menjelaskan cara-cara pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para pelajar SDN seperti dengan selalu mengenakan masker,  mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak.

Nadia Afdi selaku Ketua Kelompok 197 menjelaskan, kegiatan ini dilakukan berawal dari kekhawatiran mereka karena masih banyak siswa-siswi yang mengabaikan dan kurang mengetahui protokol kesehatan Covid-19. “Program ini sendiri bertujuan untuk mewujudkan masyarakat sehat di tengah pandemi yang terus berlanjut.  Selain itu pelajar juga termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19,” ujar Nadia.  

Kepala Sekolah SDN 7 Juli, Ennawita SPd,  mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Unimal di sekolahnya.  Ia berharap kegiatan yang dilakukan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya  hidup sehat di kalangan siswa sekolah dasar. [kur]


Kirim Komentar