Mahasiswa KKN Unimal Bantu Kader Posyandu Lansia

SHARE:  

Humas Unimal
Pelaksanaan Posyandu Lansia yang turut dibantu oleh mahasiswa KKN Kelompok 017 di Gampong Keutapang Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa KKN Kelompok 017, Universitas Malikussaleh, membantu pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia, di Gampong Keutapang Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara, beberapa waktu lalu. Kegiatan kesehatan dasar tersebut diselenggarakan oleh masyarakat dan dibantu petugas kesehatan setempat.

Enam mahasiswa Prodi Antropologi dan satu dari Prodi Psikologi yang tergabung dalam Kelompok KKN  017, yaitu Ridwansyah Putra, Nurrahmah, Rahmawati, Elvira Faradilla, Lisa Aryana, Leni Wildani dan Ramadhani, di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Asran MT, terlibat aktif membantu proses pelaksanaan Posyandu bagi masyarakat lanjut usia dan mendapat apresiasi dari masyarakat tentang keberadaan mereka. 

Ridwansyah Putra, Ketua Kelompok 017, mengatakan masyarakat sangat simpatik dengan keberadaan mahasiswa KKN di tengah-tengah mereka, terutama dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu yang sangat bermanfaat bagi Lansia. Untuk ketahanan kesehatan fisik agar selalu bugar, para lansia akan diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan, biasanya keluhan dari para peserta Posyandu Lansia seperti tekanan darah, pemeriksaan gula darah, dan tensi darah. 

Posyandu Lansia biasanya rutin dilakukan tiga bulan sekali di Gampong Keutapang Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Keberadaan Posyandu sangat membantu Lansia menjaga kesehatannya dan kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu itu berjalan sesuai harapan dengan tetap menjaga protokol kesehatan, semua pihak yang terkait dalam posyandu harus memakai masker, dan tidak berkerumunan,” lanjutnya.

“Kami juga membantu cek kadar gula darah, tensi, serta mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan lansia. Dikarenakan sekarang lagi masa pandemi diharapkan kegiatan posyandu untuk bulan-bulan selanjutnya lebih siaga dan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap jaga jarak," tutupnya.[ded]


Kirim Komentar