Kelompok KKN 145 Kembangkan TOGA untuk Minuman Kesehatan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 145 sedang mempersiapkan lahan untuk ditanami tanaman obat keluarga (TOGA) di Desa Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Sibuhuan – Sepekan menjelang berakhirnya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh, Kelompok 145 menaman tanaman obat keluarga (TOGA) di Desa Matondang Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Jum’at (13/11/2020).

Tanaman obat yang ditanam di tanah milik desa ini adalah jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan sirih. “Tanaman ini bisa dijadikan ramuan minuman kesehatan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Aminulsyah Nasution, Ketua Kelompok 145.

Kelompok KKN 145 terdiri dari empat orang anggota yakni, Aminulsyah Nasution (Teknik Ekektro), Roni Syaputra Ridoan Zai (Teknik Elektro), Melina Handayani (Pendidikan Dokter), dan Munawwaroh Daulay (Teknik Industri).  Kelompok ini mengambil skema KKN pencegahan Covid-19 dan dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan (DPL), Dr Rozanna Dewi.

Pelaksanaan program  penanaman TOGA ini dilatarbelakangi oleh belum berakhirnya pandemi Covid-19.  "Menjaga kesehatan dengan meminum minuman berbahaan dasar rempah termasuk salah satu cara  untuk meningkatkan imunitas tubuh agar bisa terhindar dari Covid-19, di samping terus menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan tetap menjaga jarak,” ucap Melina Handayani.

Dr Rozanna Dewi sebagai DPL Kelompok 145 menyebutkan  bahwa TOGA  ini  adalah  warisan dari kebiasaan leluhur yang menanam jenis  rempah yang digunakan dalam keseharian untuk obat dan juga bumbu masak. “Sehingga, hikmah dari pandemi Covid -19 adalah menyadarkan kita bahwa tradisi leluhur kita ternyata merupakan hal yang positif dalam membentuk imunitas tubuh, pungkasnya.[ryn]


Kirim Komentar