KKN Kelompok 105 Unimal Rayakan Maulid Nabi di Pakpak Bharat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN lagi mempersiapkan makanan untuk maulid di Pakpak Bharat. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Kota Salak – Masyarakat Desa Tinada Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara Maulid melaksanakan Nabi Muhammad Saw sebagai kegiatan yang rutin tahunan. Pada tahun ini dilaksanakan di Masjid Nurul Iman pada Kamis, (29/10/20). Namun, karena pada saat ini adanya pandemi virus Covid-19, kegiatan yang dilakukan harus mematuhi protokol kesehatan  seperti setiap jamaah harus  cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak guna untuk mencegah penularan virus.

Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN Kelompok 105 ikut berpartisipasi untuk membantu masyarakat yang ada di lingkungani sekitar mesjid. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di antaranya membagikan masker kepada seluruh jamaah yang memasuki masjid Nurul iman Tinada. Selain itu, mereka juga membantu membersihkan lingkungan mesjid ,membantu memasak, dan membagikan makanan kepada jamaah mesjid di bantu oleh remaja mesjid.

Adapun yang tergabung dalam kelompok KKN Kelompok 105 yaitu Ridho Berutu (Prodi Ilmu Kelautan), Yupiati Solin (Administrasi Publik) dan Melda Aprilya Solin (Agroekoteknologi). Mereka semua di bawah naungan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr Ir Muliana, MP.

Salah satu Pengurus Masjid Nurul Iman, Ustadz Aliabdi Manik sebagai penceramah dalam acara tersebut berpendapat bahwa kegiatan maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini bisa dilihat dari jamaah yang lebih waspada untuk menjaga kebersihan dan jamaah yang ada juga terbilang sedikit karena tidak adanya undangan dari luar daerah guna untuk mengurangi perkumpulan yang berlebihan karena sekarang ini adanya Covid-19 yang masih menyebar. Namun, Kabupaten Pakpak Bharat masih menjadi salah satu wilayah yang masih zona hijau sehingga acara ini masih bisa dilakukan dengan lancar. Ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN kelompok 105 karena telah berpartisipasi dalam acara maulid nabi Muhammad Saw di desa ini. [tkf]


Kirim Komentar