Habib Sosialisasi Protokol Kesehatan di Lokasi KKN

SHARE:  

Humas Unimal
Salah satu kegiatan Abdul Habib, di lokasi KKN di Desa Badar Indah Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kutacane – Mengambil skema KKN Balik Kampung secara personal, Abdul Habib tetap menerapkan protokol kesehatan selama berkegiatan di Desa Badar Indah Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara.

Selama berada di kampung halamannya, mahasiswa dari Prodi Ilmu Hukum Universitas Malikussaleh tersebut telah melaksanakan sejumlah kegiatan, baik yang digagas sendiri maupun bersinergi dengan kelompok lain.

Selama berkegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah besar, Habib selalu mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta sedapat mungkin menjaga jarak fisik.

Kegiatan yang dilakukan Habib di Desa Badar Indah antara lain melaksanakan senam pagi bersama setiap Ahad pagi. Kegiatan itu dimaksudkan untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Habib, kegiatan tersebut didukung kepala desa dan warga setempat. “Selama senam pagi, kami tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Melalui senam ini, saya melakukan sosialisasi dengan memberikan contoh penegakan protokol kesehatan,” ungkap Habib, Kamis (19/11/2020).

Berbaur dengan kelompok lain, Habib juga memberikan contoh penegakan protokol kesehatan dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Menurutnya, setiap pelaksanaan Maulid Nabi, ada tradisi memasak lemang di kalangan masyarakat Alas. Dalam peringatan kelahiran Nabi Muhammad tersebut, Habib membagikan masker dan hand sanitizer kepada warga.

“Cara sosialisasi yang paling ampuh adalah dengan langsung memberikan contoh,” ujar Abdul Habib ketika berada di Masjid Kute Badar Indah, Aceh Tenggara.

“Setelah lemang matang, biasanya masyarakat saling berbagi dengan saudara-saudara berbeda suku maupun budaya. Tujuan lain dari tradisi memasak lemang adalah mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat yang hidup di Tanoh Alas,” jelas Habib.

Ayi Jufridar yang menjadi pembimbing Abdub Habib mengingatkan mahasiswa agar segera menyiapkan laporan kegiatan KKN agar tersedia waktu cukup untuk memperbaiki jika ada kesalahan. [kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar