Mahasiswa KKN Unimal 105 Unimal Ramaikan Maulid di Pakpak Bharat

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 105 sedang persiapkan makanan untuk acara Maulid. Foto : Ist

UNIMALNEWS -  Salak | Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di Masjid Nurul Iman Desa Tinada Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Termasuk pada tahun  ini yang dilaksanakan pada 29 November 2020. Namun karena pada saat ini terjadi pandemi Covid-19 maka setiap kegiatan yang dilakukan harus mematuhi protokol kesehatan  seperti mencuci tangan di tempat yang telah di sediakan, memakai masker, dan menjaga jarak guna untuk mencegah penularan virus.

Pada kegiatan ini mahasiswa KKN kelompok 105 ikut berpartisipasi untuk membantu masyarakat yang ada di lingkungani sekitar mesjid. Adapun kegiatan yang dilakukan di antaranya membagikan masker kepada seluruh jamaah yang memasuki masjid. Mereka juga membantu membersihkan lingkungan mesjid ,membantu memasak, dan membagikan makanan kepada jamaah mesjid dibantu oleh remaja mesjid.

Adapun yang tergabung dalam KKN Kelompok 105 ialah Ridho Berutu (Prodi Ilmu Kelautan), Yupiati Solin (Prodi Adm Publik) dan Melda Aprilya Solin (Prodi  Agroekoteknologi). Mereka semua di bawah naungan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr Ir Muliana, MP.

Pengurus Masjid Nurul Iman desa Tinada kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara yaitu Ustadz Aliabdi Manik,ST sebagai penceramah dalam acara tersebut menyatakan bahwa kegiatan maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Maka ia meminta jamaah lebih waspada untuk menjaga kebersihan. Pembatasan undangan juga karena tidak adanya undangan dari luar daerah guna untuk mengurangi perkumpulan yang berlebihan karena sekarang ini. Menurutnya di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat merupakan salah satu wilayah yang masih zona hijau sehingga acara ini masih bisa di lakukan dengan lancar.

Ustadz Aliabdi Manik juga mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN kelompok 105 karena telah berpartisipasi dalam acara Maulid Nabi Muhammad Saw di desa ini, pungkasnya. [tkf]


Kirim Komentar