Tim Unimal Lakukan Pengabdian Melalui Penghijauan Dayah

SHARE:  

Humas Unimal
Tim Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian dengan menyumbang dan menanam pohon di Dayah Rahibul Muhtadi Al Azziziyah Dusun D Loh Tampue Desa Panggoi, Kota Lhokseuamwe. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Panggoi – Hobi berkebun yang marak di masa pandemi Covid-19 memberikan gagasan bagi tim Universitas Malikussaleh untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penghijauan dan pemberian bibit tanaman produktif di Dayah Rahibul Muhtadi Al Azziziyah Dusun D Loh Tampue Desa Panggoi, Kota Lhokseuamwe.

Tim dosen yang terlibat yaitu Ketua Dr M Sayuti, Dr Mariyudi (sekretaris), dan Cindenia Puspasari M Soc Sc (sekretaris). Kegiatan tersebut juga melibatkan sejumlah dosen, mahasiswa, dan warga masyarakat setempat dan berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu (19-20/11/2020).

Menurut M Sayuti, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam penghijauan dan kontribusi nyata civitas akademika Unimal untuk peningkatan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Saat pandemi korona, hobi berkebun banyak dilakukan warga. Kami berinisiatif memberikan pengetahuan kepada warga dayah tentang cara penghijauan, bercocok tanam, pemupukan, perawatan tanaman, dan lain-lain," ujar M  Sayuti yang juga dosen Fakultas Teknik Unimal.

Pimpinan dayah, Tgk Muchlis S Sos, menyambut baik pelaksanaan kegiatan penghijaun ini. Melalui penanaman bibit pohon ini, katanya, warga dayah dan masyarakat mampu menghasilkan buah-buahan yang siap untuk dijual serta mampu meningkatkan rasa tanggung jawab dalam menjaga lingkungan agar tetap hijau.

Tgk Muchlis juga mengharapkan kampus dapat menjadi mitra strategis dalam pembangunan dan revolusi akhlak santri serta masyarakat secara lebih luas.

Tenaga kependidikan dan mahasiswa Unit Kegatan Mahasiswa KSM Creative Minority menyerahkan bibit tanaman produktif berbagai jenis, di antaranya jambu madu, avokad, nangka, petai, mangga, dan lain-lain.

Secara terpisah Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Aseang Eng, menyatakan untuk pengabdian dalam bentuk penghijauan, pihak kampus Unimal menggandeng lembaga lain, misalnya kalangan akademisi dan instansi yang ada di Provinsi Aceh untuk melakukan kegiatan CSR berupa menyumbang bibit pohon.

“Kali ini ada sumbangan dari BP DAS Krueng Aceh, kami sangat berterima kasih. Ke depan semoga banyak lembaga lain yang menyumbang berbagai bibit pohon produktif. Selain membangun ruang hijau, tanaman itu juga memberikan manfaatkan ekonomi bagi warga,” ujar Herman. [ayi]


Kirim Komentar