Kerabat Antropologi Unimal Bantu Korban Banjir Aceh Utara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Anttropologi sedang memberikan bantuan untuk korban banjir. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Lingkaran Kerabat Antropologi (LingKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Gampong Lubok Pirak, Kecamatan Matangkuli dan Gampong Rayeuk Pange Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara pada Sabtu (12/12/2020). Kedua gampong tersebut merupakan bagian yang paling terisolasi dan kurang terakses bantuan dari pemerintah.

Sebelumnya Lingkaran Kerabat Antropologi telah membuka donasi lewat virtual dan melanjutkan penggalangan dana selama dua hari,  Rabu dan Kamis (9-10/2020) di ruas jalan kota Lhokseumawe dan Krueng Geukuh.

Dana yang terkumpul tersebut dibelanjakan menjadi bentuk sembako seperti air mineral, beras, telur, mie instan, roti, minyak goreng, obat-obatan dan pakaian. "Bantuan tersebut kami salurkan ke dua gampong, yaitu gampong Leubok Pirak dan Gampong Rayeuk Pange, juga satu dayah yang ada di Rayeuk Pange. Bantuan diterima oleh aparat gampong setempat," ujar Rafinda selaku koordinator lapangan.

Banjir yang telah berlangsung selama seminggu menyebabkan jalan menuju Pirak Timu tergenang air setinggi pinggang orang dewasa. Masyarakat banyak yang harus menyewa rakit untuk menyeberang ke kampung sebelah. Banjir yang terjadi di Kecamatan Matang Kuli dan Pirak Timu mengakibatkan sejumlah ruas jalan terendam, sehingga tidak sedikit pengendara harus memutar arah jalan. Beberapa memilih menyewa rakit agar cepat sampai tujuan.

Kegiatan ini digalang oleh Lingka dan keluarga besar Antropologi Unimal, termasuk memohon donasi kepada para senior. Mereka mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sumbangsih tanpa pamrih dari kerabat dan juga masyarakat sekalian. “Melalui aksi ini kita bisa menyokong kebutuhan saudara kita yang terkena musibah,” ungkap Kudussisara, salah seorang mahasiswa Antropologi angkatan 2018. [tkf]


Kirim Komentar