Dua Dosen Unimal Ikut Pelatihan dan Uji Kompetensi Asesor Aceh

SHARE:  

Humas Unimal
Dua dosen Universitas Malikussaleh diundang untuk mengikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Asesor Badan Akreditasi Nasional Provinsi Aceh, baru-baru ini. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Banda Aceh – Dua dosen Universitas Malikussaleh, Mursalin MPd dan Dr Fajri M Kasim diundang untuk mengikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Asesor Badan Akreditasi Nasional PAUD PNF Provinsi Aceh, baru-baru ini.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal (BANPAUD PNF) Provinsi Aceh mengundang 94 asesor di Provinsi Aceh, terdiri dari 18 asesor LKP, 56 asesor PAUD, dan 20 asesor PKBM.

Kegiatan Pelatihan dan Uji Kompetensi (PUKA) 2020 dilaksanakan mulai tanggal 8 – 11 November 2020, digelar melalui virtual menggunakan media Zoom, berlangsung lancar meskipun ada kendala-kendala teknis sedikit, seperti padamnya listrik di hari kedua.

Fajri M Kasim dan Mursalin diundang sebagai asesor PKBM dari Lhokseumawe. Menurut Fajri, kegiatan pelatihan dan uji kompetensi yang ia ikuti untuk meningkatkan kompetensi asesor dalam menggunakan instrumen baru melalui aplikasi SISPENA 3.0 yang dikembangkan oleh BAN PAUD PNF Pusat di tahun 2020 ini.

“Instrumen Evaluasi Diri Satuan Prasyarat Akreditasi terdiri dari delapan standar yang harus dipenuhi oleh PKBM jika ingin mengajukan akreditasi. Tidak hanya itu, asesor juga diajarkan cara melakukan visitasi menggunakan Instrumen Penilaian Visitasi,” jelas Fajri yang merupakan dosen Sosiologi Universitas Malikussaleh.

Ketua BAN PAUD dan PNF Provinsi Aceh, Drs Chairuddin Ts mengatakan kegiatan PUKA 2020 digelar via Zoom karena mengingat kondisi pandemi Covid-19. “Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para asesor di Aceh dengan hasil pengembangan instrumen baru, serta menjaring asesor yang lebih berkompeten,” katanya.

Menurut Chairuddin, para asesor diajarkan cara menggunakan instrumen baru hasil pengembangan aplikasi Sispena 3.0 yang terdisi dari delapan standar.[ayi]


Kirim Komentar