Unimal Melaksanakan Kegiatan Simkatmawa Selama Seminggu

SHARE:  

Humas Unimal
Bidang Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Sistem Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa) sejak Kamis hingga Selasa (10-15 Desember 2020). Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Bidang Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Sistem Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa) yang di mulai dari Kamis hingga Selasa (10-15 Desember 2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah tematik (thematic lecture) dengan beberapa isu seperti wawasan kebangsaan, antiradikalisme, pencegahan napza, kampanye antipelecehan seksual, pelatihan kepemimpinan, pendidikan antikorupsi, dan soft skill. Kegiatan ini melibatkan seluruh prodi di lingkungan Unimal dengan 105 sesi.

Menurut Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidawi, kegiatan ini dilakukan untuk menggenjot peringkatan Simkatmawa Unimal di tahun depan. Sebelumnya pada tahun ini Unimal berada di peringkat 91 dari 700an perguruan tinggi di Indonesia. “Kami harapkan dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan secara maraton ini, peringkat Unimal akan melompat ke rangking 50 besar pada tahun depan,” ungkapnya.

Pantauan Unimalnews, kegiatan ini ikut menarik perhatian mahasiswa yang cukup massif. Menurut salah seorang narasumber, Teuku Kemal Fasya, pada tema antiradikalisme, keterlibatan mahasiswa mencapai 92 orang. “Saya tidak menyangka ternyata mahasiswa memiliki animo tinggi untuk mendapatkan pengembangan wacana kritis di samping pembelajaran yang dilakukan secara metodis di kelas. Apalagi ini dilakukan secara daring,” ujarnya.

Koordinator umum kegiatan, Prof Dr Sayuti MSc menyatakan kegembiraannya melihat keberhasilan kegiatan ini. “Secara umum saya melihat mahasiswa mulai kritis atas wacana publik yang menjadi perbincangan luas. Itu menunjukkan bahwa kegiatan seperti ini akan semakin kita tingkatkan pada tahun depan, dan dikelola secara mandiri di tingkat prodi.[tkf]


Kirim Komentar