Kunjungi SMA 8 Medan, Rektor Unimal Disambut dengan Manortor

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng,

UNIMALNEWS | Medan – Rektor Universitas Malikussaleh melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Medan, Rabu (20/1/2021).  Dalam kunjungan itu Universitas Malikussaleh  juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan SMA Negeri 8 Medan. Penandatanganan  yang dilaksanakan di aula SMAN 8 Medan itu dilakukan oleh Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng dan Kepala SMAN 8 Medan, Lando Rajagukguk MSi.

Kegiatan Penandatanganan itu turut disaksikan oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidhawi; Pembantu Rektor Bidang Kerja Sama, Dr Azhari; Ketua Dharma Wanita Unimal, Sahnora SE; Ketua Komite SMAN 8 Medan, Indra Sakti Harahap; dan Syarifuddin, Kabag TU Ibnu dan Kasi SMA mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Medan Selatan.

Nota Kesepahaman  yang ditandatangani oleh kedua pihak berisikan tentang kesepakatan kerja sama dalam hal pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk penguatan kedua institusi.

Ada hal menarik dalam kegiatan tersebut, yaitu Rektor Unimal disambut dengan Manortor. Manortor merupakan salah satu bentuk kebudayaan Batak. Manortor berasal dari kata tortor, yang artinya menari tortor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unimal juga “diulosi” oleh Kepala SMAN 8 Medan. “Diulosi (dipakaikan kain ulos) merupakan tanda penghormatan yang diberikan seseorang yang dihormati oleh Suku Batak di Sumatera Utara,” ucap Kepala SMAN 8 Medan.

Rektor Unimal, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak SMAN 8 Medan atas sambutan yang diberikan kepada Universitas Malikussaleh. “Saya pribadi merasa deg-degan ketika akan “diulosi” tadi, karena terkenang kembali peristiwa 20 tahun yang lalu ketika “diulosi” pertama kali. Peristiwa itu terjadi ketika saya menikahi Putri Batak,” ucapnya. [ryn]


Kirim Komentar