Mitos dan Fakta Pengobatan Tradisional dalam Buku Karangan Dosen Kedokteran Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Cover buku Pengobatan Tradisional karya Dr dr Indra Zachreini. Foto : Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Kabar terbaru dari sivitas akademika Universitas Malikussaleh. Telah terbit buku karya dosen senior Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh tentang pengobatan tradisional. Buku yang ditulis oleh dr Nies Endang Mangunkusumo dan Dr. dr. Indra Zachreini ini berjudul Pengobatan Tradisional : Antara Mitos dan Fakta. Buku ini diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara Jakarta yang dirilis ke publik pada Januari 2021.

Kedua penulis buku ini dikenal sebagai dokter ahli Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT). Dr Nies Endang adalah alumnus FKUI angkatan 1971. Ia juga menjadi staf pengajar di FKUI-RSCM hingga purna bakti pada 2015. Adapun Dr dr Indra Zachreini adalah staf pengajar di FK Unimal – RSU Cut Mutia Aceh Utara. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran USU, Medan, dan memperoleh gelar doktor pada 2014 juga dari kampus Sumatera Utara itu.

Buku ini mencoba membedah beberapa praktik pengobatan tradisional yang hidup di masyarakat dan dijalankan secara turun-temurun. Beberapa pengobatan itu kemudian dilihat dari sisi khasiat dan penyembuhannya, apakah memang terbukti secara medis sehingga bisa disebut sebagai fakta, atau hanya sesuatu yang kebetulan atau mitos yang dipercaya oleh masyarakat tanpa perlu verifikasi secara ilmiah.

Menurut dr Indra, beberapa praktik yang hidup di masyarakat seperti meminum air seni sendiri untuk penyembuhan penyakit kronis, menggunakan daun sirih ke hidung ketika mimisan, kerokan untuk menyembuhkan masuk angin, menggunakan gigitan ikan cupang sebagai terapi, menekuk leher setelah pangkas dianggap memiliki khasiat membuat tubuh lebih sehat dan sembuh. Namun tidak ada pembuktian secara medis. Hal-hal itulah yang dibahas di dalam buku ini.

Buku ini telah beredar di sejumlah tokoh buku, termasuk jaringan toko buku Gramedia. Untuk wilayah Kota Lhokseumawe, buku bisa didapatkan dari penulisnya atau bisa menghubungi Fakultas Kedokteran Unimal. [tkf].


Kirim Komentar